Soal Pelantikan Panglima TNI Besok, Presiden Jokowi Sebut Belum Ada Reshuffle Kabinet

Keterangan itu disampaikan Presiden Joko Widodo usai meresmikan tol Serang-Panimbang seksi 1 pada Selasa 16 November 2021.

Editor: Madrosid
Tribunnews/Jeprima
Jenderal TNI Andika Perkasa bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). Presiden Joko Widodo mengajukan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI kepada DPR sebagai pengganti Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun. DPR RI menyetujui pengangkatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tajahjanto. Persetujuan itu dilakukan dalam rapat paripurna DPR yang digelar Senin (8/11/2021). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pelantikan Panglima TNI baru dijadwalkan akan digelar esok hari Rabu 17 November 2021.

Seperti sebelumnya diberitakan bahwa Panglima TNI akan dijabat oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.

Keterangan itu disampaikan Presiden Joko Widodo usai meresmikan tol Serang-Panimbang seksi 1 pada Selasa 16 November 2021.

“Panglima Insya Allah besok (dilantik -red), hari Rabu,” singkat Jokowi.

Presiden menjelaskan bahwa agenda pelantikan besok tidak hanya untuk Jenderal Andika Perkasa

Jokowi pun menegaskan saat ini dirinya belum akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet.

"Pelantikan panglima Insya Allah besok, hari Rabu. (Reshuffle) belum. Besok pelantikan panglima," ujar Jokowi.

Rencananya pelantikan akan dilangsungkan di Istana Negara, juga akan dilakukan untuk sejumlah duta besar. 

“Selain pelantikan Panglima TNI akan ada pelantikan dubes-dubes,” ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, nama Jenderal Andika Perkasa merupakan calon tunggal.

Sebagaimana yang disodorkan Presiden Jokowi kepada DPR dalam rapat paripurna kesembilan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 tempo lalu.

"Sidang Dewan perkenankan kami tanya, apakah laporan komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan fit and proper test tentang pemberhentian Marsekal Hadi Tjahjanto dan menetapkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui," kata Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin rapat.

"Setuju," jawab anggota Dewan yang hadir.

Mensesneg Andika diusulkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi calon panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada November tahun ini.

Usul tersebut diberikan ke DPR untuk mendapat persetujuan.

Pengajuan dikirimkan melalui surat presiden (surpres) yang tiba di DPR pada Rabu 3 November 2021.

Setelah menerima surpres, pimpinan DPR kemudian menugaskan Komisi I untuk menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Andika Perkasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Disinggung soal Reshuffle, Jokowi: Belum, Besok Pelantikan Panglima TNI".

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved