Breaking News:

LAYANAN Kesehatan Daerah Terdampak Banjir, Diskes Kalbar Tugaskan Dokter Spesialis Anak dan Kulit

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson menyampakkan bahwa pada hari ini Diskes Provinsi Kalbar telah mengirimkan tim kesehatan untuk tahap

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Kadiskes Kalbar, Harisson lepas keberangkatan tim pelayanan kesehatan untuk bertugas di Sintang selama tiga hari, di Kantor Diskes Kalbar, Selasa 16 November 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menurunkan Dokter Spesialis Anak dan Kulit untuk memberiksn pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berada di  daerah terdampak banjir di Kalbar. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson menyampakkan bahwa pada hari ini Diskes Provinsi Kalbar telah mengirimkan tim kesehatan untuk tahap pertama.

Dimana pada tahap pertams Diskes telah menurunkan Dokter spesialis Kulit dan Dokter Spesialis Anak. 

Peduli Dampak Banjir, Fraksi Golkar DPRD Sanggau Serahkan Bantuan Beras

“Jadi pelayanan akan di mulai besok. Saat ini tim kesehatan yang kami kitim ke Sintang sedang dalam perjalanan menuju Sintang,”ujarnya kepada Tribun Pontianak, Selasa 16 November 2021.

Harisson menambahkan bahwa nantinya Tim kesehatan dari Diskes Kalbar akan berkunjung ke pos pengungsian atau Tempat pelayanan yang nantinya diarahkan oleh Diskes Sintang.

“Jadi untuk yang pertama kita ke Sintang dulu. Kita juga membawa obat-obatan yang saat ini masih dibutuhkan oleh Kabupaten yang mengalami banjir,”ujarnya.

Adapun untuk tahap pertama, Diskes Provinsi sudah mrngirimkan bantuan berupa obat-obatan dan kali ini ditambah lagi.

“Obat yang kita kirim selama ini memang untuk penanggulangan penyakit pada saat bencana banjir,”ujarmya.

Penyakit yang bisa saja muncul seperti Ispa akut, demam, penyakit kulit dan diare sehubungan dengan air bersih yang mungkin kurang di daerah terdampak banjir,  serta bisa saja di tempat pengungsian ada penyakit campak. 

Disamping itu, Harisson katakan juga mungkin akan terjadi penyakit tidak menular seperti para masyarakat yang terdampak banjir merasakan lelah atau capek, hipertensi dan diabet tidak terkontrol.

“Itulah penyakit yang kita antisipasi untuk kita lakukan pengobatan,”ucapnya.

Tahap pertama Dinkes Provinsi memberangkatkan tim kesehatan untuk pelayanan kesehatan di Sintang.

Adapun Pelayanan dilaksanakan oleh Dokter Spesialis Kulit yakni dr Yuliana Teguh, dan Dokter Spesialis anak dr Nevita Bahtiar, 2 orang dokter umum dan perawat,serta  petugas logistik obat-obatan.

“Pelayanan akan menyasar pos pengungsi dan tempat layanan lain yang diarahkan oleh dinkes Sintang, selama 3 hari,”pungkasnya. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved