Sejumlah Warga Ngungsi di Tenda Karena Banjir Sintang Belum Surut, Pemprov Kalbar Bantu 15 Ton Beras

Ada 61 KK terdampak banjir. Alhamdulillah perlahan mulai surut. Tapi rumah masih terendam

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Destriadi Yunas Jumasani
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji melepas secara simbolis Truk Kebaikan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 28 Oktober 2021. Truk yang berisikan bantuan dari donatur yang akan disalurkan kepada korban banjir di Kabupaten Sintang. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG  - Sudah sepekan lebih banjir masih menggenangi jalan-jalan hingga permukiman warga di beberapa kecamatan, termasuk di Kota Sintang. Sejumlah wilayah juga masih terisolir dan lumpuh total karena akses jalan darat tak bisa dilalui.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sintang mencatat, sebanyak 20 ribuan kepala keluarga (KK) terdampak banjir kali ini. Sebagian besar warga masih bertahan, sebagian kecil mengungsi di posko-posko yang disiapkan Pemkab Sintang.

Pada Kamis (28/10) pagi WIB, Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Barat Ria Norsan menyerahkan sebanyak 15 ton beras untuk korban banjir, di Kabupaten Sintang. Penyerahan itu dilakukan dalam kunjungan, Kamis 28 Oktober 2021 pagi WIB.

Ria Norsan menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemprov Kalbar untuk korban banjir di Sintang. Bantuan diterima langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang, Yosepha Hasnah.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Ria Norsan berkeliling menyusuri Sungai Kapuas dan Melawi untuk menjangkau langsung warga terdampak banjir untuk menyerahkan bantuan. Menggunakan speedboat, Wagub Ria Norsan didampingi Plh Bupati Yosepha menyusuri sungai menjangkau warga, seperti Kelurahan Mengkurai, Desa Sungai Ana, Kelurahan Alai, dan Kelurahan Kapuas Kiri Hulu.

Norsan melihat langsung kondisi banjir yang melanda perumahan penduduk yang berada di bantaran sungai kapuas dan melawi. Wagub tak sungkan untuk turun langsung, menaiki perahu menyisir pemukiman penduduk yang tergenang banjir untuk menyerahkan bantuan langsung kepada warga terdampak.

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Polsek Sekayam Bagi Sembako kepada Warga Terdampak Banjir

Warga tampak senang mendapatkan kunjungan dari orang nomor 2 di Kalbar. Di Kelurahan Kapuas Kiri Hulu, misalnya, sejumlah warga sedari pagi menunggu kedatangan Norsan.

Ketika rombongan datang, warga berkumpul di atas keramba ikan, antre untuk menerima bantuan berupa beras, mi dan lain sebagainya. Total ada 61 kepala keluarga yang terdampak banjir di Kelurahan Kapuas Kiri Hulu. Banjir luapan sungai kapuas tersebut saat ini sudah berangsur surut, namun rumah warga masih tetap terendam air.

"Ada 61 KK terdampak banjir. Alhamdulillah perlahan mulai surut. Tapi rumah masih terendam," kata Abdu Syukur, Lurah Kapuas Kiri Hulu.

Meski banjir merendam rumah warga sejak beberapa hari terakhir, masyarakat lebih banyak memilih bertahan di rumah masing-masing dengan membuat panggung. Pihak kelurahan sebenarnya sudah menyiapkan lokasi pengungsian, namun warga tetap memilih bertahan di rumah.

"Warga masih bertahan di rumah, kita sudah imbau untuk mengungsi. Nampaknya karena mereka sudah mengantisipadi kenaikan air, mereka kita tawarkan tempat mengungsi, tapi mereka tidak mau dan memilih membuat panggung. Bantuan ini sangat membantu sekali, sebab warga masyarakat di sini memang secara keseluruhan itu terdampak banjir. Bantuan dari wakil gubernur ini sungguh sangat membantu bagi warga," kata Syukur.

Ria Norsan mengaku prihatin dengan bencana alam banjir yang melanda sejumlah daerah di Kalbar.

"Rata-rata rumah yang kebanjiran di pinggir sungai. Setelah kita melihat ke lapangan kita prihatin sekali pada masyarakat yang terdampak musibah banjir. Hari ini kita serahkan bantuan 15 ton beras dan paket lainnya, ada juga makanan siap saji. Kita juga buka dapur umum untuk membantu suplay makanan pada masyarakat. Inilah yang bisa kita lakukan dari provinsi untuk masyarakat," ujar Norsan.

"Bantuan dari Pemprov Kalbar. Ini yang bisa kami berikan untuk meringankan beban para korban banjir di Kabupaten Sintang. Mohon digunakan sebaik-baiknya,” kata Ria Norsan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved