Breaking News:

BPN Sebut Masyarakat Belum Pelihara Patok Tanah dengan Baik

Menurut Sigit Santoso, polemik itu mungkin tak terlalu besar namun dampaknya bisa sampai ke pengadilan apabila antara satu pihak dan pihak lainnya ber

Penulis: Imam Maksum | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/IMAM MAKSUM
Kepala BPN Kota Pontianak Sigit Santoso memberikan sambutan kegiatan sosialisasi upaya pencegahan dan penanganan atas kasus tumpang tindih penguasaan dan pemilikan tanah dalam menciptakan iklim yang kondusif dengan pelaksanaan pembangunan di Kota Pontianak, di Kantor BPN Pontianak, Jumat 29 Oktober 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala BPN Kota Pontianak Sigit Santoso mengungkapkan permasalahan tanah di Kota Pontianak berkaitan dengan ketidakjelasan batas tanah. Hal itu dikarenakan masyarakat yang memiliki tanah tak memelihara patok batas tanah dengan baik.

“Akhirnya terjadi tumpang tindih karena tidak dipelihara batas dan patok tanahnya. Ini yang banyak terjadi di Kota Pontianak,” ujar Sigit Santoso kepada Tribun Pontianak, Jumat 29 Oktober 2021

Menurut Sigit Santoso, polemik itu mungkin tak terlalu besar namun dampaknya bisa sampai ke pengadilan apabila antara satu pihak dan pihak lainnya berebut batas.

Kemudian masalah okupasi masyarakat di tanah yang sudah bersertifikat yang juga banyak terjadi dan menjadi atensi khusus.

Cegah Mafia Tanah, BPN Kota Pontianak Sosialisasikan Upaya Pencegahan dan Tumpang Tindih Tanah

“Bagaimana kita mengupayakan itu selesai, artinya pemilik tanah tidak menguasai tanahnya dia hanya menguasai sertifikat, tetapi tanahnya dikuasai masyarakat yang menempati di situ,” katanya.

Tak hanya itu, permasalahan lain berkaitan dengan proses peralihan, pendaftaran pertama kali. “Kemudian alas hak yang dimiliki apakah asli atau tidak, dipalsukan atau tidak,” jelasnya.

Pemalsuan dokumen, ujar Sigit Santoso, pihaknya berkomitmen akan mengantisipasi kedepan supaya menjadi lebih ketat. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved