Bulan Inklusi Keuangan 2021

Produk Kredit Bank Kalbar Mudahkan Akses Modal UMKM

Produk kredit Bank Kalbar berupa bantuan modal usaha mikro yakni kredit usaha mikro (KUM) peduli, dan juga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Penulis: Imam Maksum | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Pemateri pada Business Matching di Hotel Mercure Pontianak, Kamis 28 Oktober 2021. istimewa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bank Kalbar mendukung akses permodalan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pontianak dengan produk kredit. Pada pertemuan dengan pelaku UMKM di Kota Pontianak, Wakil Pemimpin Cabang Bank Kalbar Ridho Yudi Prabana menjelaskan produk kredit Bank Kalbar.

Produk kredit Bank Kalbar berupa bantuan modal usaha mikro yakni kredit usaha mikro (KUM) peduli, dan juga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Ridho Yudi Prabana menjelaskan KUM Peduli adalah skim produk kredit atau pembiayaan melawan rentenir serta merupakan salah satu program Bank Kalbar bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Otoritas Jasa Keuangan Kalbar dalam rangka percepatan akses keuangan daerah Kalimantan Barat

KUM Peduli memiliki kemudahan diantaranya suku bunga 5,00 persen per tahun, plafond sampai dengan Rp 5 Juta, tanpa agunan kredit dan proses pencairan maksimal 3 hari kerja.

Bank BRI Jelaskan Syarat Mengajukan KUR

“Syarat untuk mengajukan kredit KUM Peduli harus memiliki fotokopi KTP (elektronik) pemohon dan istri atau suami dan atau pengurus, fotokopi kartu keluarga, fotokopi surat nikah atau cerai, surat keterangan usaha dari RT atau pengelola pasar, dan fotokopi buku tabungan,” jelasnya.

Ridho Yudi Prabana, mengatakan KUR memiliki kemudahan suku bunga 6,00 persen per tahun, plafond total sampai dengan 500 juta, jangka waktu maksimal 5 tahun, serta usaha telah berjalan minimal 6 bulan.

Kredit KUR Bank Kalbar dibagi menjadi tiga jenis yaitu KUR Super Mikro, KUR Mikro, dan KUR Kecil.

KUR Super Mikro memiliki plafond kredit maksimal sampai dengan Rp 10 Juta. Calon penerima KUR Super Mikro adalah calon debitur yang belum pernah menerima KUR baik KUR Mikro maupun KUR kecil.

Suku bunga 6,00 persen pertahun, jangka waktu KMK maksimal 3 tahun, KI maksimal 5 tahun. “Agunan pokok usaha yang dibiayai dan tanpa agunan atau jaminan tambahan,” ujarnya.

Sedangkan KUR Mikro dengan plafond kredit mikro atau maksimal sampai dengan Rp 50 Juta. Bagi sektor perdagangan mempunyai limit maksimal Rp 200 Juta dan sektor produksi tanpa batasan limit maksimal.

Suku bunga KUR Mikro 6,00 persen pertahun dengan jangka waktu KMK maksimal 3 tahun, KI maksimal 5 tahun. Agunan pokok menggunakan usaha yang dibiayai dan dengan agunan tambahan.

Sementar KUR Kecil dengan plafond kredit lebih dari Rp 50 juta sampai dengan Rp 500 Juta, dengan limit maksimal Rp 500 Juta. Suku bunga 6,00 persen pertahun dengan jangka waktu KMK maksimal 4 tahun dan KI maksimal 5 tahun.

Agunan pokok menggunakan usaha yang dibiayai dan memiliki agunan tambahan. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved