Breaking News:

Pemkot Singkawang Berhasil Pertahankan Opini WTP Empat Kali Berturut-turut

Menurut penuturan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kalbar, Imik Eko Putro, Kota Singkawang merupakan satu dari 12 Kab

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Rizki Kurnia
Penyerahan piagam opini WTP dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kalbar, Imik Eko Putro kepada Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Balairung Kantor Wali Kota, Rabu 27 Oktober 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Pemerintah Kota Singkawang kembali mendapatkan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas Laporan Kuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021.

Penghargaan Opini WTP kali ini, menjadi penghargaan ke-empatnya secara berturut-turut, terhitung sejak tahun 2017 lalu.

Pengharhaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kalbar, Imik Eko Putro kepada Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Balairung Kantor Wali Kota, Rabu 27 Oktober 2021.

DAD Singkawang Timur Bersih-bersih Batas Kota

Menurut penuturan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kalbar, Imik Eko Putro, Kota Singkawang merupakan satu dari 12 Kabupaten/Kota di Kalbar yang meraih penghargaan ini di tahun 2021.

"Alhamdulilah, untuk Kota Singkawang penghargaan ini merupakan yang keempat kalinya dari tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020," ujar Imik Eko Putro, Kamis 28 Oktober 2021.

Menurutnya, untuk mendapatkan WTP pastinya diperlukan kerja keras dari Wali Kota Singkawang beserta jajarannya. Dirinya berharap, LKPD Pemkot Singkawang di tahun 2021 ini dapat kembali meraih opini WTP.

"Koordinasi dan sinergi harus dibangun dengan baik sehingga apa yang diharapkan bisa dicapai sesuai kenyataan," terangnya. 

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, dirinya bersama jajaran Pemkot Singkawang terus mengupayakan yang terbaik dalam LKPD setiap tahunnya.

Dirinya terus memotivasi dan meminta kepada seluruh OPD sampai tingkat Kelurahan untuk mencatat dengan benar serta mendokumentasikan setiap penggunaan anggaran

"Karena, apabila sudah disiplin seperti itu, tentu tidak akan susah, karena kapan pun diminta mereka sudah siap dengan laporannya," katanya.

Selain itu, Tjhai Chui Mie mengatakan, pihaknya juga akan terus berupaya untuk mewujudkan Smart City. Karena menurutnya, kecanggihan dari IT itu penting sehingga lebih efektif, efisien dan transparansinya lebih didapatkan. 

"Artinya setiap kali dia ada menggunakan anggaran, dia bisa infut sehingga sewaktu diperlukan tidak sulit mencari dicatat di kertas mana dia catat. Tetapi kalau sudah berupa IT dalam pencatatannya, maka dia bisa lihat langsung catatannya di file yang tersimpan di IT," terangnya.

Keberhasilan capaian opini WTP ini, kata Tjhai Chui Mie, tidak terlepas dari peran Kepala Inspektorat yang selalu mengawal, cerewet dan mengontrol laporan dari seluruh OPD. 

"Mengingat sudah komitmen kita dari awal untuk bisa meraih WTP karena ini menjadi dasar atau indikator kita dalam mengambil sebuah keputusan yang benar dan jelas didalam menggunakan APBD Kota Singkawang," ungkapnya. (*)

Update Informasi Seputar Kota Singkawang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved