Breaking News:

Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan Imbau Masyarakat untuk Terus Waspada Terhadap Genangan Banjir

Karena persoalan genangan merupakan juga faktor alam sehingga kota Pontianak yang topografinya 0,2-1,2 dari permukaan laut, maka genangan hampir menja

TRIBUNPONTIANAK/Muhammad Rokib
Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Wali kota Pontianak Bahasan menghimbau kepada masyarakat Kota Pontianak terutama yang berada di kawasan pesisir sungai kapuas agar tetap waspada terhadap genangan banjir.

Sebagaimana ia sampaikan berdasarkan rilis dari BMKG Kalbar, bahwa akan ada air pasang maksimum hingga 30 Oktober 2021 mendatang.

"Dengan adanya cuaca yang sudah diumumkan oleh BMKG ini. Maka dihimbau kepada masyarakat kota Pontianak untuk terus waspada, artinya terus menjaga kewaspadaan di lingkungan masing-masing, terutama di wilayah pinggiran sungai kapuas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Berjaga-jaga, karena genangan banjir ini menjadi rutinitas, namun kita berharap agar tidak terlalu parah, " ujarnya, Rabu 27 Oktober 2021.

Karena persoalan genangan merupakan juga faktor alam sehingga kota Pontianak yang topografinya 0,2-1,2 dari permukaan laut, maka genangan hampir menjadi rutinitas setiap tahun. Kemudian juga terjadinya hujan ekstrem dan air pasang.

Zulfydar Dorong Peningkatan Minat Baca Masyarakat di Kota Pontianak

"Memang kadang melampaui sangat tinggi sehingga ini akan menimbulkan genangan air, " katanya.

Bahasan menerangkan, untuk mengantisipasi genangan banjir yang semakin parah, Pemerintah Kota Pontianak terus berupaya untuk memperbaiki, terutama di sektor kelancaran aliran air di berbagai parit.

Kota Pontianak yang dikenal sebagai kota seribu parit ini, maka kata Bahasan, pihaknya terus melakukan normalisasi Parit-parit primer, sekunder dan tersier agar terkoneksi sehingga bisa meminimalisir terjadinya genangan yang berdurasi lama.

"Karena kalau untuk menghindari genangan ini saya yakin butuh waktu yang sangat panjang, namun dengan kami terus melakukan kroscek ke semua titik yang ada di kota Pontianak untuk saluran air atau parit-parit agar terkoneksi, " pungkasnya. 

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved