Bulan Inklusi Keuangan 2021

Luncurkan Program KUM, Cara Bank Kalbar Lawan Rentenir

Terlebih, KUM ini hadir di saat sulit di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, sehingga upaya percepatan peningkatan ekonomi di masyarakat

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rizki Kurnia
Pimpinan Cabang Bank Kalbar Kabupaten Bengkayang, Hartono (kanan) menyerahkan KUM kepada pelaku UMKM Bengkayang. Rabu 27 Oktober 2021. /Rizki Kurnia 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Kalimantan Barat bersama Bank Kalbar dan OJK telah meluncurkan program Kredit Usaha Mikro (KUM) untuk pelaku ekonomi di Kabupaten Bengkayang.

Pimpinan Cabang Bank Kalbar Kabupaten Bengkayang, Hartono mengatakan, diluncurkannya KUM ini bertujuan untuk melawan rentenir. Dimana melalui program KUM ini, pinjaman uang yang diberikan Bank Kalbar kepada pelaku UMKM lebih mudah, dengan bunga sangat murah.

"Jadi pelaku-pelaku usaha mikro tidak lagi meminjam uang ke rentenir yang bunganya pasti lebih mahal," ujar Hartono, Rabu 27 Oktober 2021.

Diberitakan sebelumnya, Program ini disambut baik oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Obaja. Menurutnya, program KUM ini dapat membantu pelaku ekonomi dalam menjalankan usahanya.

Bank Kalbar Luncurkan Program KUM, Sekda Bengkayang Nilai KUM Bantu UMKM

"Dengan demikian, kejadian-kejadian tidak terduga yang menyebabkan distorsi ekonomi dapat berkurang," terang Obaja.

Terlebih, KUM ini hadir di saat sulit di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, sehingga upaya percepatan peningkatan ekonomi di masyarakat dapat terwujud.

Obaja menghimbau para pelaku UMKM di Kabupaten Bengkayang untuk dapat memanfaatkan program tersebut.

Selain itu, sebagai tanda dimulainya program KUM di Kabupaten Bengkayang, pihak Bank Kalbar telah menyerahkan secara simbolis bantuan KUM kepada tiga pelaku UMKM Kabupaten Bengkayang. (*)

(Simak berita terbaru dari Bengkayang)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved