Breaking News:

Wabup Harap Penghulu dan Penyuluh Islam Kapuas Hulu Perkenalkan Agama dan Budaya ke Masyarakat

"Hal ini diharapkan nantinya para penghulu dan penyuluh agama Islam dapat memberi contoh kepada masyarakat untuk lebih mengetahui, dan memeperkenalkan

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat menghadiri langsung pelantikan pengurus forum komunikasi penyuluh agama Islam (FKPAI) Kapuas Hulu, dan pimpinan cabang asosiasi penghulu Republik Indonesia (APRI) Kapuas Hulu, di Rumah MABM Kapuas Hulu, Senin 25 Oktober 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menghadiri langsung pelantikan pengurus forum komunikasi penyuluh agama Islam (FKPAI) Kapuas Hulu, dan pimpinan cabang asosiasi penghulu Republik Indonesia (APRI) Kapuas Hulu, di Rumah MABM Kapuas Hulu, Senin 25 Oktober 2021.

Wabup menyatakan sebagai mewakili pemerintah daerah Kapuas Hulu sangat menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan pelantikan dan pengukuhan pimpinan cabang APRI) Kabupaten Kapuas Hulu masa bakti 2021-2025, serta pelantikan pengurus FKPAI Kapuas Hulu tahun 2021 ini.

"Hal ini diharapkan nantinya para penghulu dan penyuluh agama Islam dapat memberi contoh kepada masyarakat untuk lebih mengetahui, dan memeperkenalkan agama dan budaya, sehingga nantinya dapat menjaga dan memelihara nilai–nilai budaya yang berlandaskan agama di Kabupaten Kapuas Hulu HEBAT ini," ujarnya.

Dijelaskannya, penghulu merupakan profesi yang sangat mulia, penghulu memegang peranan penting karena berhadapan langsung dengan masyarakat di wilayahnya masing - masing.

"Jadi sebagai penghulu, tugasnya tidaklah mudah, amanah yang diberikan hendaknya dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan amanah yang diemban sebagai penghulu mengandung makna dan konsekuensi serta mampu menjunjung adat dan martabat di kapuas hulu ini," ucapnya.

Bupati Ajak Masyarakat Kapuas Hulu Berlibur ke Pulau Sepandan Lanjak

Selain itu juga jelas Wabup, penghulu harus pro aktif menggali dan menerapkan nilai-nilai agama dan budaya dalam melaksanakan tugasnya kedepan.

"Penghulu bukan hanya untuk melakukan pelayanan pengesahan akad nikah dan rujuk semata, namun lebih dari itu, para penghulu berada di garis depan dalam membimbing, membina dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat," ujarnya.

Kemudian, penyuluh agama Islam, peran penyuluh agama adalah ujung tombak kementerian agama, yang diberikan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan bimbingan dalam penyuluhan agama.

"Penyuluh Agama Islam juga memiliki fungsi informatif, edukatif, dan fungsi advokatif," ucapnya.

Kepada penyuluh agama dan penghulu, diharapkan kedepan terus bangun koordinasi dan kerja sama dengan semua pihak, untuk menyukseskan program dan kegiatan.

"Dengan bersinergi dan bekerjasama, akan semakin memantapkan jalan dan kualitas pengabdian para penghulu dan penyuluh agama di masa depan," ungkapnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kapuas Hulu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved