Breaking News:

Pemkot Pontianak Komitmen Perluas Ruang Terbuka Hijau

Keberadaan pepohonan sebagai bentuk penghijauan ini juga bisa untuk hutan kota dan untuk taman sehingga bisa menjadi objek wisata

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
warga bermain sampan sekaligus membersihkan sampah di sungai jawi Pontianak. oki 

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak terus berkomitmen memperluas atau memperbanyak ruang terbuka hijau publik.

Sebagaimana hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Ia mengatakan sedikitnya ada 54 titik yangw akan ditata, dari jumlah tersebut sudah ada yang ditata dan sedang ditata.

Pada ruang publik ini nantinya akan dilengkapi dengan wifi untuk menuju konsep smart city sehingga bisa menjawab permasalahan yang ada di kota Pontianak.

Pada ruang publik itu juga ditata dengan penghijauan yaitu dilengkapi dengan penanaman pohon.

Kadiskes Harisson Ingatkan Waspada Gelombang Ketiga Covid-19 Saat Liburan Akhir Tahun

"Secara teoritis, pohon yang ditanam harus memiliki fungsi, misalnya sebagai penyedia oksigen, peneduh, mencegah banjir dan sebagainya. Dengan ekspansi pembangunan maka lahan yang ada diupayakan agar selalu ada pohon. Dalam proses pemberian izin mendirikan bangunan juga disyaratkan agar ada minimal satu atau dua pohon yang ditanam di kawasan itu," ujarnya.

Penataan yang dilakukan pemerintah Kota Pontianak sebagaimana telah sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2007 tentang tata ruang yang juga mempersyaratkan suatu wilayah minimal 30 persen memiliki ruang terbuka hijau (RTH).

Hingga kini di Kota Pontianak ruang terbuka hijau sudah mencapai lebih dari 30 persen.

"Kita berharap RTH yang ada bisa diperluas lagi seiring dengan ketersediaan lahan yang ada di Kota Pontianak, " ucapnya.

Edi juga berharap semua pihak agar bersama-sama menjaga dan merawat pepohonan yang telah ditanam dan juga merawat kebersihan di kawasan ruang publik.

Jika semua bisa berkolaborasi untuk menjaga kebersihan, tentu kata dia, Kota Pontianak akan indah, nyaman dan bersinar.

Keberadaan pepohonan sebagai bentuk penghijauan ini juga bisa untuk hutan kota dan untuk taman sehingga bisa menjadi objek wisata. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved