Breaking News:

Butuhkan 35 Ribu Kantong Darah Setiap Tahun, PMI-BWS Kalimantan I Pontianak Sasar 250 Kantong Darah

Atau dalam satu harinya diperlukan sebanyak 120 sampai 150 kantong darah, namun yang bisa dipenuhi hanya 75-100 kantong darah saja.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Kegiatan donor darah di PMI Kota Pontianak, Minggu 24 Oktober 2021. oki 

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak sekaligus ketua harian PMI kota Pontianak Sidiq Handanu menyampaikan, bahwa Kota Pontianak yang menjadi ibukota provinsi Kalimantan Barat membutuhkan sebanyak 30 sampai 35 ribu kantong darah, ddalam sebulan dibutuhkan sebanyak 2500 kantong darah.

Atau dalam satu harinya diperlukan sebanyak 120 sampai 150 kantong darah, namun yang bisa dipenuhi hanya 75-100 kantong darah saja.

Untuk itu, kata Handanu, diperlukan sinergitas dengan semua stakeholder lainnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Dan pada hari ini kita bersama Balai Wilayah Sungai Kalimantan I Pontianak mengadakan kegiatan bakti sosial yaitu donor darah dengan sasaran 250 kantong darah. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-250 kota Pontianak, " ucap Handanu, di sela-sela kegiatan donor darah di UPT PMI Kota Pontianak Jalan Ahmad Yani Kota Pontianak Kalimantan Barat, Minggu 24 Oktober 2021.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono Gelar Apresiasi Pameran Pusaka

"Jadi kita mencoba menyasar 250 kantong darah dan ini sangat bermanfaat sekali dan sangat berguna untuk menolong masyarakat yang sedang sakit di 20 Rumah Sakit di kota Pontianak, " lanjutnya.

Dengan kebutuhan stok kantong darah yang cukup besar itu, tentu kata Handanu, perlu kerjasama, kolaborasi dan sinergitas dengan seluruh komponen masyarakat termasuk dari semua unsur komunitas untuk menyumbangkan darah melalui donor darah ketika ada peringatan-peringatan ataupun momentum untuk menolong sesama melalui donor darah.

Diakuinya memang dalam kondisi pandemi COVID-19 jumlah pendonor menurun, namun setelah Kota Pontianak lepas dari PPKM level 3 ini, animo masyarakat sudah tinggi untuk mendonorkan darah.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono yang juga sebagai ketua PMI Kota Pontianak mengajak semua pihak untuk bersama-sama untuk mendonorkan darah secara rutin yaitu tiga bulan sekali.

Hal tersebut selain karena kebutuhan darah yang tinggi namun juga untuk kesehatan tubuh.

"Kegiatan Baksos kemanusiaan dengan donor darah dalam rangka HUT ke 250 Kota Pontianak ini. Kita berharap tidak habis sampai disini, tapi terus berlanjut di momen-momen lainnya. Kita juga mengajak kepada semua komunitas dan masyarakat untuk rutin berdonor darah karena setiap hari kita butuh 120-150 kantong darah sedangkan yang bisa terpenuhi hanya kisaran 70 kantong saja, " ucapnya.

Sementara itu, Kepela BWS K I Pontianak Pramono menyampaikan, donor darah tersebut merupakan bagian dari rangkaian bakti sosial dan pembinaan paret bersih paret cantek yang dilakukan dengan berbagai agenda seperti penanam pohon, bersih-bersih parit talkshow tentang paret bersih paret cantek.

"Ini juga dalam rangka hari jadi ke-250 Kota Pontianak, " katanya . (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved