Breaking News:

Imbau Masyarakat, Yus Sholva : Hati-Hati Instal Aplikasi

Saya pikir tidak usah tergoda dengan iming-iming begitu ya, karena pasti ada maksud yang lain ya sehingga seseorang menjadi terjebak ya

Penulis: David Nurfianto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Ketua Jurusan Informatika Fakultas Teknik Untan, Dr. Yus Sholva, ST., MT 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Jurusan Informatika Fakultas Teknik Untan, Dr. Yus Sholva, ST., MT menghimbau masyarakat untuk hati-hati dalam menginstal sebuah aplikasi.

Untuk masyarakat yang akan menggunakan pinjaman online, pastikan bahwa pinjaman online itu memang terdaftar di Otoritas jasa Keuangan (OJK).

"Sudah banyak himbauan dari pemerintah. Bisa berkunjung ke website OJK atau sumber - sumber yang terpercaya di Google, apakah pinjaman online itu masuk ke dalam daftar badan keuangan, jadi setidak-tidaknya apa pinjamannya terdaftar sehingga pemerintah bisa melakukan intervensi," ujarnya. Kamis 21 Oktober 2021

Menurutnya, jika sudah terdaftar berarti memenuhi persyaratan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan diawasi oleh OJK.

Polda Kalbar Tetapkan 2 Tersangka Kasus Penggrebekan Pinjol Ilegal di Kota Pontianak

"Diluar dari itu sebaiknya jangan coba-coba untuk menginstal, karena begitu kita menginstal data kita semuanya bisa saja diambil. Karena sudah terprogram sama, dan sangat sangat memungkinkan selanjutnya data kita tersebar," jelasnya.

Untik itu, Yus menekankan kepada masyarakat agar tidak tergoda oleh pinjaman-pinjaman ilegal.

"Saya pikir tidak usah tergoda dengan iming-iming begitu ya, karena pasti ada maksud yang lain ya sehingga seseorang menjadi terjebak ya," imbuhnya.

Yus mengaskan kepada masyarakat harus mengingat 2 poin penting. Pertama jangan menginstal aplikasi sembarangan.

"Kedua memastikan bahwa pinjaman online ini adalah legal. Sehingga data pribadi kita tidak mudah tersebar luas," tutupnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved