Breaking News:

Penjelasan Badan POM Soal Ketentuan Perizinan Pangan Olahan yang Disimpan Beku

Penjelasan ini sehubungan dengan beredarnya pemberitaan di media sosial terkait perizinan pangan olahan siap saji yang disimpan beku.

Penulis: Nasaruddin | Editor: Nasaruddin
Warta Kota/Alex Suban
Ilustrasi makanan beku atau frozen food. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) menyampaikan penjelasan terkait ketentuan izin edar pangan olahan yang disimpan beku atau Frozen Food.

Penjelasan ini sehubungan dengan beredarnya pemberitaan di media sosial terkait perizinan pangan olahan siap saji yang disimpan beku.

Dalam rilisnya, Badan POM menguraikan bahwa pangan olahan adalah makanan atau minuman hasil proses dengan cara atau metode tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan.

Dokter Beberkan Kondisi Korban Pembunuhan oleh Anak Kandung di Matang Danau, Kecamatan Paloh Sambas

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan, disebutkan bahwa setiap pangan olahan yang diproduksi di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperjualbelikan dalam kemasan eceran wajib mempunyai izin edar.

Saat ini, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, ketentuan tersebut disebut sebagai Perizinan Berusaha.

Pangan olahan yang dikecualikan dari kewajiban memiliki izin edar dari Badan POM adalah pangan olahan dengan kriteria antara lain sebagai berikut:

1. Mempunyai masa simpan/kedaluwarsa kurang dari 7 (tujuh) hari (dibuktikan dengan pencantuman tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa pada label).

Munadin, Guru Ngaji di Kubu Raya Jadi Nominator Peraih UAH Awards 2021

2. Digunakan lebih lanjut sebagai bahan baku pangan dan tidak dijual secara langsung kepada konsumen akhir.

3. Dijual dan dikemas langsung di hadapan pembeli dalam jumlah kecil sesuai permintaan konsumen.

4. Pangan olahan siap saji.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved