Breaking News:

Polisi dan Pemda Kapuas Hulu Tinjau Kegiatan PETI di Bunut Hulu

Memang aktivitas seperti ini kami paham. Kami berharap tolong kami ajak mengurus WPR dan IPR itu yang diharapkan masyarakat Beringin

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Sahirul Hakim
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan saat mendampingi Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi, meninjau langsung tempat pekerjaan tambang emas tanpa izin atau PETI, di Desa Beringin Kecamatan Bunut Hulu, Selasa 19 Oktober 2021. Hadir juga Ketua DPRD Kapuas Hulu Kuswandi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUASHULU - Bupati Kabupaten Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mendampingi Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi, meninjau langsung tempat pekerjaan tambang emas tanpa izin atau PETI, di Desa Beringin Kecamatan Bunut Hulu, Selasa 19 Oktober 2021.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyatakan, wilayah pertambangan rakyat di Kapuas Hulu totalnya ada 4.198 tempat yang tersebar di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

"Kami akan mengusulkan secara berjenjang mengusulkan ke kementerian terkait, ini upaya kita melegalkan," ujarnya.

Sedangkan kata Bupati, untuk di Kapuas Hulu ada beberapa wilayah pertambangan ini sudah berproses dan termasuk di Desa Beringin ada 250 hektare.

Pemda Kapuas Hulu Segera Pindahkan Pedagang Pasar Pagi ke Pasar Dogom Permai Putussibau

"Kalau tidak ada halangan akhir tahun sudah terbit, Pemkab dan jajaran dinas terkait terus mengawal WPR menjadi IPR mempersiapkan administrasi, kita membantu masyarakat yang sedikit bingung dalam mengurus ini," ucapnya.

Fransiskus Diaan menuturkan, untuk daerah yang sudah ditetapkan WPR segera ditindaklanjuti secara berjenjang, sehingga bisa terbit IPR dan masyarakat secara legal bekerjanya.

"Terpenting lagi adalah, yang mengurus perizinan masyarakat harus bersabar banyak yang harus dilalui," ujarnya.

Ditambahkannya, ini tugas pemerintah agar pekerjaan legal ketika sudah berjalan langsung, WPR bisa diajukan perorangan kelompok dan koperasi, jangan melupakan CSR untuk kepentingan masyarakat, rumah ibadah dan membantu masyarakat.

"Hal penting lagi yaitu, keamanan di Kapuas Hulu harus dijaga, agar tetap kondusif dan aman," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Beringin Kecamatan Bunut Hulu, Herman menyatakan, pekerjaan tambang emas ini
menyangkut masalah pekerjaan masyarakat Desa Beringin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved