Breaking News:

Bulan Inklusi Keuangan 2021

Gadai Ultra Mikro Prosedur Mudah dan Kredit Diberikan Pada Nasabah Hingga Rp 10 Juta

Gadai UMi adalah layanan ultra bisnis memberikan pinjaman dengan sistem gadai.

Penulis: Imam Maksum | Editor: Nina Soraya
TRIBUN PONTIANAK/IMAM MAKSUM
Vice President PT Pegadaian Kalimantan Barat Agus Riyadi memberikan pemaparan dalam Webinar series III Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021 dengan tema "Peran Penting Pegadaian Dalam Menyambung Nafas Pelaku UMi & UMKM", Jumat 15 Oktober 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Barat kembali melaksanakan Webinar Series episode ketiga dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan secara virtual, Jumat 15 Oktober 2021.

Webinar series ketiga mengangkat tema "Peran Penting Pegadaian Dalam Menyambung Nafas Pelaku UMi & UMKM."

Vice President PT Pegadaian Kalimantan Barat Agus Riyadi mengatakan Pegadaian hadir mengajak masyarakat bangkit di masa setelah pandemi. “Sekarang ekonomi mulai pulih bagaimana kita mengajak masyarakat bangkit bersama pegadaian memulihkan ekonomi masyarakat lagi,” ujarnya.

Agus Riyadi mengatakan Pegadaian saat ini juga telah holding ultra mikro bersama dengan BRI dan PNM meningkatkan bisnis ultra mikro. Dia menyebut bahwa Pegadaian memiliki 4046 outlet di seluruh Indonesia.

“Kami juga melakukan penjualan melalui multi channel, yaitu channel agen, terkait transaksi digital melakukan pendekatan digital, digital service,” katanya.

Suasana Webinar series ketiga Bulan Inklusi Keuangan 2021 dengan tema Peran Penting Pegadaian Dalam Menyambung Nafas Pelaku UMi & UMKM.
Suasana Webinar series ketiga Bulan Inklusi Keuangan 2021 dengan tema Peran Penting Pegadaian Dalam Menyambung Nafas Pelaku UMi & UMKM. (TRIBUN PONTIANAK/IMAM MAKSUM)

Terdapat banyak produk Pegadaian misalnya Gadai UMi. Gadai UMi adalah layanan ultra bisnis memberikan pinjaman dengan sistem gadai. “Disalurkan pegadaian, pertama berbasis gadai, semua barang perhiasan, emas, elektronik, kendaraan bermotor, bisa digadaikan dalam pegadaian.

Dia mengatakan merupakan konsep produk Pegadaian lama. “Jadi dalam masa pandemi Gadai UMi, dalam gadai UMi ini dimana UMKM yang memiliki usaha tujuannya persediaan barang jaminan, untuk memutar modal usaha melalui Gadai UMi," katanya.

Keunggulannya bisa menggadai produk seperti emas, kendaraan bermotor bahkan berlian. Uang yang dapat diserahkan kepada nasabah berkisar dari Rp 1 Juta sampai 10 Juta.

Daftar Pinjol Ilegal 2021 Terbaru ! Ada 151 Pinjol Ilegal Ditutup Aksesnya oleh OJK

Keunggulan Gadai Ultra Mikro ini yakni mendapatkan workshop, webinar atau sosialisasi. Webinar dan sosialisasi yang pernah dilakukan diantaranya pendidikan mengenai keuangan bagaimana menata terkait keuangan usaha mikro.

Kemudian ada program kreasi UMi yakni kredit angsuran berbasis usaha. Ini mengkhususkan kepada kalangan usaha dengan sistem angsuran bulanan yang diberikan kepada UMKM untuk pengembangan usaha. “Cukup BPKB yang digadaikan namun kendaraan tetap dikuasai oleh nasabah,” katanya.

Tujuan kredit baik berbasis gadai maupun berbasis angsuran, ialah untuk pengembangan usaha. Kedua juga memberikan kredit UMi untuk memberikan kesediaan barang dagangan kemudian juga memperluas pasar baru bagi kalangan UMKM.

“Tujuan kredit ini supaya masyarakat tetap produktif sehingga bisa mengangkat ekonominya dari masa sulit pandemi yang kita rasakan,” tuturnya.

Investor Muda Kalbar, Andrefilo Berikan Trik Investasi Pasar Modal

Untuk masyarakat luas Pegadaian mempunyai Gadai Peduli untuk siapapun yang terdampak kelesuan ekonomi pada masa pandemi. “Jadi kita memberikan pinjaman tanpa bunga, nol persen, tetap berbasis gadai sehingga barang jaminannya bisa emas maupun non emas,” ungkapnya.

Pinjaman Gadai Peduli maksimal satu juta. “Karena kita tidak mengambil sedikitpun sewa modal atau bunga atas pinjaman kepada masyarakat,” katanya.

Kemudian memberikan persyaratan nasabah tidak hanya transaksi dalam satu tahun. “Satu nomor induk kependudukan berhak memperoleh satu fasilitas gadai peduli gratis sewa modal selama 90 hari,” katanya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved