Breaking News:

Berita Video

Tingginya Capai 215,16 Cm, Rumeysa Gelgi Asal Turki Dinobatkan Jadi Perempuan Tertinggi di Dunia

Semangat dan kebanggaannya yang tak tergoyahkan untuk menonjol dari kerumunan adalah sebuah inspirasi

Editor: Jamadin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TURKI - Rumeysa Gelgi, wanita asal Turki dinobatkan Guinness World Records sebagai wanita hidup tertinggi di dunia. Dilansir CNN, Rumeysa Gelgi memiliki tinggi 215,16 cm. 

Gelgi mengidap sindrom Weaver, yang menyebabkan percepatan pertumbuhan dan kelainan lainnya, kata Guinness World Records dalam sebuah pernyataan.

Gelgi diukur ulang di tahun ini setelah dinobatkan sebagai remaja wanita tertinggi di dunia pada 2014 lalu saat berusia 18 tahun. Kini di usia 24, Gelgi kembali diberi peringkat sebagai wanita paling tinggi.

Kondisi tubuh Gelgi memaksanya untuk bergerak menggunakan kursi roda. Dia juga menggunakan alat bantu jalan untuk waktu yang sebentar.

Terkadang postur tinggi Gelgi membuat orang penasaran, namun kebanyakan mendukungnya, jelas wanita ini kepada Guinness World Records.

"Merupakan suatu kehormatan untuk menyambut Rumeysa kembali ke dalam buku rekor."

"Semangat dan kebanggaannya yang tak tergoyahkan untuk menonjol dari kerumunan adalah sebuah inspirasi," kata Craig Glenday, pemimpin redaksi Guinness World Records.

"Kategori wanita tertinggi yang masih hidup bukanlah kategori yang sering berpindah tangan, jadi saya bersemangat untuk membagikan berita ini kepada dunia," tambahnya.

Diketahui pria tertinggi di dunia juga berasal dari Turki. Dia adalah Sultan Kösen dengan tinggi 251 cm.

Guinness World Records mengatakan fakta bahwa pemegang rekor pria dan wanita tertinggi yang masih hidup berasal dari negara yang sama adalah "kejadian langka."

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved