Breaking News:

Kadisbunnak Kalbar Sebut Perkebunan Menjadi Aset Penting di Tengah Pandemi Covid-19

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalbar, Muhammad Munsif mengatakan  perkebunan menjadi aset penting di tengah pandemi Covid-19. Seb

TRIBUNPONTIANAK/Marpina Sindika Wulandari
Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalbar, Muhammad Munsif 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalbar, Muhammad Munsif mengatakan  perkebunan menjadi aset penting di tengah pandemi Covid-19. Sebut saja harga kelapa sawit Rp 2.700 merupakan harga tertinggi di Kalbar saat ini, Kamis 14 Oktober 2021.

Dikatakan Munsif pertumbuhan ekonomi khususnya di Kalbar mengalami pertumbuhan yang signifikan pada triwulan kedua tahun 2021. Salah satu pendorongnya adalah keberadaan pelabuhan internasional kijing yang sudah bisa mengeskpor langsung hasil perkebunan terkhusus hasil perkebunan kelapa sawit.

"Pertengahan Juni saja angkanya sudah mencapai 6 triliun dari kelapa sawit, CPO dan turunannya. Selain itu kita bersyukur di Kalbar sudah ada PT Energi Unggul Perkasa yang telah mampu mengolah CPO manjadi lebih kurang 9 jenis turunan, dengan nilai jual yang tentu lebih bagus. salah satunya minyak goreng yang sudah dipasarkan di Kalimantan Barat," ujarnya.

Operasi Yustisi Sekadau, 20 Orang Diswab Antigen

Munsif mengatakan, dengan harga kelapa sawit yang mendekati Rp. 2.700,00 perkilogramnya pada bulan September lalu merupakan harga kelapa sawit tertinggi yang pernah dicapai di Kalimantan Barat.

Untuk itu, agar konsistensi pertumbuhan ekonomi bisa dirasakan oleh masyarakat hingga di pedesaan, maka harus didorong dengan memberikan konsentrasi full pada produksifitas, terutama dalam kemudahan akses mendapatkan pupuk.

"Masalahnya pupuk kurang dan kita hanya mampu dipasok melalui subsidi negara itu hanya 30 persen. Dengan peningkatan produktivitas kita harapkan mestinya mendorong para petani palsa bisa menikmati produksi TBS itu paling tidak di atas 24 ton pertahun. Kalau itu terjadi maka pertumbuhan ekonomi juga akan menunjang kesejahteraan di masyarakat kita," ungkapnya.

Hal itu disampaikan Munsif saat menghadiri vaksinasi Covid-19 di PT Parna Agromas Sekadau. (*)

Update Informasi Seputar Kabupaten Sekadau

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved