Breaking News:

Pelayanan Posyandu Lansia dan Balita di Pontianak Belum Dibuka

"Di masa pandemi ini, pelayanan yang biasanya dilaksanakan di Posyandu, itu Puskemas membuat inovasi pelayanan-pelayanan dalam bentuk skala-skala keci

TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyampaikan, meskipun Kota Pontianak saat ini sudah berada pada PPKM level 2, namun untuk pelayanan Posyandu Lanjut Usia (Lansia) dan Balita di Kota Pontianak Kalimantan Barat masih belum dibuka.

Pasalnya, pelayan posyandu bagi lansia dan balita ini jika pada hari-hari biasanya sebelum adanya pandemi covid-19 dilaksanakan setiap bulan sekali berkumpul di Posyandu untuk mendapat pelayanan. Namun, karena berada dalam pandemi, untuk lansia dan balita bisa mendapat pelayanan di puskesmas yang telah diatur oleh setiap puskesmas di Kota Pontianak dengan beberapa inovasi.

"Di masa pandemi ini, pelayanan yang biasanya dilaksanakan di Posyandu, itu Puskemas membuat inovasi pelayanan-pelayanan dalam bentuk skala-skala kecil. Jadi untuk imunisasi dijadwalkan setiap hari tertentu yang intinya adalah bahwa Balita sehat itu tidak boleh bertemu atau berkumpul dengan pasien atau dihindari adanya kerumunan di tempat-tempat pelayanan," ujarnya, Rabu 13 Oktober 2021.

Truk Kontainer Tabrak Sejumlah Bangunan, Polisi Lakukan Tes Urin Pada Sang Sopir

Handanu menyebut, Posyandu lansia di Kota Pontianak sebelum pandemi covid-19 kurang lebih 50 Posyandu yang memberikan pelayanan pemeriksaan penyakit tidak menular.

"Kalau Lansia memang selama pandemi distop, tidak ada pelayanan khusus. Tapi untuk beberapa Minggu ini digabungkan dengan vaksinasi di beberapa Puskesmas di Kota Pontianak. Jadi Vaksinasi sekaligus pemeriksaan penyakit-penyakit tidak menular," ungkapnya.

Selain itu, kata Handanu, pada pekan kemarin pihaknya juga sudah melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat dengan beberapa kegiatan seperti senam sehat dan banyak kegiatan untuk kesehatan lansia lainnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved