Breaking News:

Berita Video

5 Kontingen Kalbar di PON XX Papua 2021 Positif Covid-19, Dua Jalani Isolasi

Kemudian, dua orang lain terdeteksi di Merauke, Papua, saat hendak diberangkat kembali ke Kalbar.

Editor: Jamadin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Lima orang yang tergabung di kontingen PON XX Papua 2021 yang dinyatakan positif Covid-19. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson.

“Iya. Sejauh ini ada lima orang kontingen yang terdeteksi terinfeksi Covid-19,” kata Harisson kepada wartawan, Selasa 12 Oktober 2021.

Harisson menjelaskan, dari lima orang tersebut, ada tiga yang terdeteksi ketiga tiba di Kota Pontianak, Kalbar. “Namun tiga orang itu setelah dicek cycle threshold-nya 37 hingga 40,” jelas Harisson.

Kemudian, dua orang lain terdeteksi di Merauke, Papua, saat hendak diberangkat kembali ke Kalbar.

“Dua orang yang dinyatakan positif ini langsung diisolasi di Merauke, Papua,” ungkap Harisson.

Harisson menerangkan, seluruh kontingen yang mengikuti PON XX Papua 2021 wajib menjalani masa karantina selama 5 hari di Wisma Handayani Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat (Kalbar).

Kontingen Kalimantan Barat Klaster Mimika Tambah Dua Medali PON XX Papua

Menurut dia, Pemprov Kalbar telah menerima Addendum Surat Edaran Satgas Covid-19 Nasional yang mengatur Perjalan Dalam Negeri, di mana disebutkan pada addendum tersebut Kontingen PON XX Papua yaitu atlet, ofisial termasuk pengurus KONI Provinsi, juru masak, masseur, psikolog, dokter, perawat, mekanik, dan anggota lainnya, serta pelatih, dan tim pengamanan harus dilakukan tes swab PCR dan karantina selama 5x24 jam di fasilitas karantina atau isolasi terpusat.

Dijelaskan, di Wisma Handayani Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalbar, menempatkan kontingen yang hasil tes swab PCR negatif, atau hasil swab tes belum keluar. Apabila hasil tes swab positif maka akan kita isolasi selama 10 hari di fasilitas isolasi terpusat di Upelkes Kalbar.

"Jadi, kita bedakan tempat karantina kontigen yang sehat atau negatif dengan kontingen yang memang hasil tes swab positif," ungkap Harisson.

Harisson menjelaskan, kembali memberlakukan kebijakan mengkarantina kontingen PON XX bukan tanpa alasan. Saat ini, ada 83 orang yang terdiri dari atlet, ofisial, pelatih, dan wasit di gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terkonfirmasi positif Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved