KAPAL Selam Nuklir AS Jalankan Operasi di Laut China Selatan, Rusak Usai Hamtan Objek Tak Dikenal

Angkatan Laut AS telah berusaha untuk menantang klaim teritorial yang disengketakan China di pulau-pulau kecil, terumbu karang, dan singkapan

Editor: Ishak
LT. MACK JAMIESON/US NAVY/AFP
Kapal selam Nuklir Amerika Serikat USS Connecticut saat tiba di Naval Base Kitsap-Bremerton for deployment in Bremerton, Washington 27 Mei 2201 lalu 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Amerika Serikat adalah satu di antara negara adidaya dunia yang ‘meramaikan’ konflik di kawasan Laut China Selatan

Sejumlah armada tempur pun bahkan digelar di kawasan perairan yang kaya sumber daya alam ini

Namun terbaru, sebuah kapal selam nuklir AS rusak setelah menabrak objek tak dikenal saat beroperasi di bawah air di Asia, Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan pada Kamis 7 Oktober 2021 lalu.

Kapal selam nuklir tersebut yakni USS Connecticut.

TAIWAN Vs CHINA Bertempur, Perang Dunia III Diprediksi Bakal Pecah | Faktor AUKUS Vs Tiongkok

Kapal selam serang cepat bertenaga nuklir ini disebutkan "menabrak sebuah objek saat tenggelam pada sore hari tanggal 2 Oktober, saat beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik", kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Kontan.co.id yang merangkum laman Channel News Asia.

Angkatan Laut AS menyebutkan, tidak ada cedera yang mengancam jiwa.

Tapi, USNI News, situs yang mengkhususkan diri dalam berita angkatan laut, melaporkan, belasan pelaut terluka "dengan cedera sedang hingga ringan".

BARU Terbongkar, Indonesia Miliki Utang Rahasia Pada China Sebesar Rp 246,3 Triliun

USNI News juga menyebutkan, kapal selam itu beroperasi di Laut China Selatan.

Di mana Angkatan Laut AS telah berusaha untuk menantang klaim teritorial yang disengketakan China di pulau-pulau kecil, terumbu karang, dan singkapan.

Angkatan Laut AS menyatakan, tingkat kerusakan kapal selam USS Connecticut sedang dalam pemeriksaan dan insiden itu tengah dalam penyelidikan.

CHINA Vs Taiwan Terkini, Tiongkok Kerahkan 12 Pesawat Pembom Nuklir Tembus Wilayah udara Taipei !

“Kapal selam tetap dalam kondisi aman dan stabil,"

"Pembangkit tenaga nuklir dan kabin USS Connecticut tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh,” sebut Angkatan Laut AS.

Menurut USNI News, kapal selam USS Connecticut sekarang menuju ke pangkalan militer AS di Guam. (*)

Materi di artikel ini juga telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Saat beroperasi di Asia, kapal selam nuklir AS tabrak objek tak dikenal

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved