Breaking News:

Ratusan Botol Limbah Medis dan Jarum Suntik Dibuang Sembarangan di Jalan Karya Sosial Pontianak

Walaupun sebagian besar botol limbah medis itu kosong, namun terdapat beberapa masih terisi dengan cairan, dan terlihat pula sejulah jarum suntik

Penulis: Ferryanto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Destriadi Yunas Jumasani
Ratusan botol vial dan jarum suntikan yang diduga merupakan limbah medis bekas suntikan KB yang dibuang sembarangan di tepi Jalan Karya Sosial, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa 5 Oktober 2021. Padahal menurut aturannya limbah media perlu dikelola dengan baik agar tidak membahayakan lingkungan. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ratusan botol limbah medis dan jarum suntik dibuang sembarangan sehingga berserakan di tepi di Jalan Karya Sosial, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, selasa 5 oktober 2021.

Dari botol - botol itu tertulis bahwa itu merupakan obat alat kontrasepsi dengan cara injeksi atau disuntikkan, pada tabung botol itu tertulis KB Andalan, Harmonis, dan Terramycin, selain itu, pada botol tersebut ada diantaranya yang tertulis "tidak diperjualbelikan".

Walaupun sebagian besar botol limbah medis itu kosong, namun terdapat beberapa masih terisi dengan cairan, dan terlihat pula sejulah jarum suntik dilokasi.

Lokasi ditemukannya limbah medis itu berada sekira 20 meter dari belakang rumah warga, tepatnya di atas saluran drainase / parit kecil di lahan kosong Jalan tersebut, dan hanya sekira 50 meter dari TPS.

Evaluasi Belajar Tatap Muka di Kota Pontianak Berjalan Lancar

Di Sepanjang Jalan Karya Sosial itu juga terlihat banyak sampah berserakan di pinggir jalan, padahal di ujung jalan Karya Sosial itu terdapat TPS dengan sejumlah bok konteiner sampah.

Dari pemantauan Tribun disepanjang jalan tersebut, lokasi ditemukannya limbah medis itu hanya satu titik, sedangkan titik lain terlihat sampah rumah tangga yang berserakan.

Dafai, satu antara warga yang berada di TPS dan bekerja membersihkan TPS menyampaikan bahwa dirinya tidak mengetahui adanya sampah medis yang dibuang sembarangan di jalan Karya Sosial itu.

"tidak tau ya kalau ada yang buang sampah medis disana, kalau kita tau pasti kita tangkap,''ujarnya, Selasa 5 oktober 2021 sore.

Selama bekerja di TPS, iapun mengatakan tidak pernah menemui ada yang membuang sampah medis, dan iapun mengaku kaget mengetahui adanya sampah medis itu.

"saya tidak pernah ketemu kalau sampah medis itu disini, kan juga sampah medis tidak boleh dibuang disini,''katanya.

HIngga saat ini, belum ada pihak terkait yang memberikan keterangan resmi tentang limbah medis yang terdiri dari botol - botol bekas obat injeksi dan jarum suntik yang di temukan berserakan di jalan Karya Sosial, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved