Breaking News:

Pengamat Politik Untan Nilai Demokrat Harus Lakukan Sejumlah Upaya untuk Menjawab Kepentingan Publik

suara partai Demokrat bisa meningkat dari suara sebelumnya. Artinya ketika melihat Aron sebagai Ketua DPRD, kemudian juga sebagai kepala daerah yang c

Penulis: Imam Maksum | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Imam Maksum
Pengamat Politik sekaligus Dosen FISIP Untan, Dr Yulius Yohanes M. Si. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik sekaligus Dosen FISIP Untan, Dr Yulius Yohanes M. Si mengungkapkan kemampuan sosok Aron dalam membawa partai Demokrat mungkin menjadi sebuah harapan.

“Perlu diperhatikan sebagai langkah untuk dapat memenangkan pilkada, pilpres maupun pileg pada tahun 2024 kedepan,” katanya saat diwawancarai Tribun Pontianak Selasa 5 Oktober 2021.

Sehingga, ujar Yulius suara partai Demokrat bisa meningkat dari suara sebelumnya. Artinya ketika melihat Aron sebagai Ketua DPRD, kemudian juga sebagai kepala daerah yang cukup strategis untuk membawa Demokrat lebih berkiprah.

Polresta Pontianak Kota Gelar Rapat Koordinasi Satgas Covid-19, Ini Pembahasannya

“Bagaimana menampung dan menyuarakan bahkan memperjuangkan kepentingan publik. Artinya kewenangan kekuasaan politik yang dimiliki kepala daerah, cukup signifikan sehingga mengantarkan partai demokrat ke depan mendapatkan suara lebih baik,” tuturnya.

Dalam strategi politik partai, kata Yulius bagaimana ia mempertahankan kekuatan, konsolidasi partai, dengan konstituennya atau pemilihnya.

Yulius mengatakan perlu kader yang memiliki kemampuan untuk dapat menjembatani. Artinya kekuasaan politik menjadi fasilitas yang bisa membantu publik merealisasikan kepentingan publik.

“Kekuasaan itu, kepala daerah, maka Aron ini dari sisi pengalaman dan kemampuan, jika sebagai Ketum DPD Demokrat Kalbar, dengan AHY sebagai ketum partai akan memudahkan konsolidasi, komunikasi membangun kepercayaan, yang dapat mengangkat kepentingan-kepentingan publik kalbar,” ungkapnya.

Yulius menjelaskan perlu dilakukan pemetaan yang baik sehingga upaya-upaya demokrat menjawab kepentingan publik. Sehingga akhirnya timbul kepercayaan dari publik terhadap partai itu sendiri.

“Sehingga harapan partai Demokrat dapat lebih eksis, lebih baik, amanah, bagaimana ia memperjuangkan. Sebab partai politik tanpa publik tidak bisa apa-apa dan sebaliknya,” katanya. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved