Breaking News:

Berapa Gaji Lurah? Per 2021 Tunjangan Lurah dan Wakil Lurah DKI Jakarta Tertinggi di Indonesia

Artinya gaji seorang lurah disesuaikan dengan gaji golongan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berlaku.

Editor: Marlen Sitinjak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/Bisnis.com/Abdullah Azzam
Karyawan menata uang Rupiah di kantor Bank BNI Syariah di Jakarta, Selasa 14 Januari 2020 silam. Besaran gaji dan tunjangan seorang lurah di Provinsi DKI Jakarta adalah yang tertinggi di Indonesia. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Siapa yang mengira kalau besaran gaji dan tunjangan seorang lurah di Provinsi DKI Jakarta adalah yang tertinggi di Indonesia.

Tapi wajar lantaran ibu kota Republik Indonesia (RI) itu adalah provinsi dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tersebar di Tanah Air yang praktis akan berpengaruh pada besaran gaji yang diterima para pejabatnya. Termasuk gaji lurah di dalamnya.

Nah, sebenarnya, berapa besaran gaji seorang Lurah di Jakarta?

Seperti dilansir dari Kompas.com, gaji lurah dalam hal ini gaji pojok sejatinya tak jauh beda dengan gaji PNS lainnya.

Artinya gaji seorang Lurah disesuaikan dengan gaji golongan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berlaku.

Cara Praktis Cek Penerima BSU Gaji Oktober 2021, Segera Klaim Bantuan Rp 1 Juta

Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 100 Tahun 2000 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Struktural menyebutkan bahwa untuk jabatan Lurah, PNS harus masuk dalam golongan terendah III-b dan tertinggi III-d.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, besaran gaji pokok PNS berjenjang sesuai golongan dan lama masa kerja yang dikenal dengan masa kerja golongan (MKG).

Sebagai PNS yang masuk golongan IIIb sampai dengan IIId, lurah di seluruh Indonesia, termasuk lurah di DKI Jakarta, mendapatkan gaji pokok per bulan terendah sebesar Rp 2.688.500 dan tertinggi sebesar Rp 4.797.000.

Rinciannya golongan IIIb sebesar Rp 2.688.500 - Rp 4.415.600, golongan IIIc sebesar Rp 2.802.300 - Rp 4.602.400, dan golongan IIId sebesar Rp 2.920.800 - Rp 4.797.000.

Tunjangan Daerah

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved