Breaking News:

Gelar Bimtek Sekolah Inklusi Bagi Guru, Pemkot Pontianak Siapkan 36 Sekolah Inklusi

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar bimbingan teknis (bimtek) Sekola

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerima cenderamata dari siswa Kelas Transisi UPT Layanan Disabilitas Autis Center (LDAC), di Hotel Golden Tulip, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin 4 Oktober 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak menyiapkan sebanyak 36 sekolah inklusi. Sekolah inklusi merupakan tempat di mana anak-anak berkebutuhan khusus dapat belajar bersama dengan anak-anak reguler lainnya dengan didampingi guru pendamping selama kegiatan belajar mengajar.

Sebagaimana Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas yang memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar bimbingan teknis (bimtek) Sekolah Inklusi Kota Pontianak.

BPM Kunjungi IKIP PGRI Pontianak, Rustam Sebut IKIP PGRI Komitmen Ingin Majukan Pendidikan di Kalbar

Peserta bimtek berasal dari sekolah-sekolah mulai tingkat TK, SD dan SMP yang siap menjadi sekolah inklusi, di Hotel Golden Tulip, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin 4 Oktober 2021.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan bahwa sekolah inklusi percontohan sudah dilaksanakan tahun 2020 lalu dengan jumlah enam sekolah yang ditunjuk, yakni PAUD Terpadu Pontianak Barat dan TK Jalan Selayar Pontianak Selatan, SDN 06 dan SDN 34 Pontianak Selatan serta SMPN 2 dan SMPN 23. Tahun ini pihaknya menargetkan 36 sekolah yang akan melaksanakan sekolah inklusi. 

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Sebagai persiapan, para guru mulai dari tingkat TK, SD hingga SMP mengikuti bimtek sekolah inklusi. Bimtek ini ditujukan untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada guru-guru dalam rangka mempersiapkan sekolah inklusi.

"Dalam upaya mempersiapkan sekolah inklusi jika ada anak berkebutuhan khusus yang diterima di sekolah tersebut," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memfasilitasi sarana dan prasarana di sekolah. Hal ini untuk memudahkan akses bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah yang dipersiapkan.

Sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan sekolah inklusi adalah sekolah yang dinilai telah siap untuk menerima siswa berkebutuhan khusus sebab ada beberapa sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved