Breaking News:

Tingkatkan Kualitas Da'i dan Umat, DDII & ADI Kota Pontianak Gelar Pelatihan Khatib Jum'at

Materi tentang Adab dan Fikih yang menghadirkan narasumber Ust. Nashrullah sebagai dosen ADI Pontianak dan dosen Alkhansa Pontianak.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Foto saat Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) dan Akademi Da'wah Indonesia (ADI) Kota Pontianak menggelar pelatihan Khatib Jum'at, di Masjid Al Asyraf, Jalan Prof. M. Yamin, Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota Kota Pontianak Kalimantan Barat, Minggu 3 Oktober 2021. Oki 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) dan Akademi Da'wah Indonesia (ADI) Kota Pontianak menggelar pelatihan Khatib Jum'at, di Masjid Al Asyraf, Jalan Prof. M. Yamin, Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota Kota Pontianak Kalimantan Barat, Minggu 3 Oktober 2021.

Pelatihan Khatib Jum'at tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas Da'i untuk membangun kualitas umat.

Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) sekaligus pembina ADI Kota Pontianak, Ust. Ubaidullah Murjani Yatim menyampaikan, bahwa pelatihan tersebut diikuti oleh sekitar 70 peserta dari berbagai daerah, seperti Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Sanggau, Sambas, Kayong Utara dan Kapuas Hulu.

Bahkan tidak hanya itu, peserta ini juga berasal dari lintas daerah dan berbagai profesi seperti Guru, pengurus masjid, imam masjid, tenaga kesehatan, Pegawai, pensiunan, dosen, mahasiswa, tukang dan buruh, serta lainnya.

Program Studi Pendidikan Fisika FPMIPATEK IKIP PGRI Pontianak Bantu Guru Kembangkan Video Interaktif

Digelarnya pelatihan Khatib Jum'at ini dimaksudkan untuk meningkatan kualitas para Da'i sehingga bisa lebih maksimal dalam menyampaikan materi dakwah dalam setiap khutbah Jum'at maupun lainnya.

Sejauh ini, kata Ust. Ubaidullah, sering ditemukan kondisi rill atau permasalahan yang dialami oleh khatib jumat adalah materi yang disampaikan kurang menarik dan cara penyampaian yang membosankan, sehingga tidak memberi pengaruh, bahkan dampak dari ketidakmaksimalan itu jamaah yang mendengarkan mengantuk bahkan tertidur.

"Sehingga pesannya itu kurang efektif. Padahal tugas Khatib Jum'at memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun dan membina kualitas umat. Maka Pelatihan Khatib Jum'at kali ini mengangkat tema "Meningkatkan Kualitas Da'i Untuk Membangun Kualitas Umat," kata Ust. Ubaidullah.

Selain itu, ia menerangkan, kedepan pihaknya akan terus menggelar pelatihan imam, fardu kifayah, media dakwah dan lain sebagainya untuk meningkatkan kualitas Da'i dan membangun umat yang berkualitas.

Untuk membangun suatu daerah ataupun bangsa negara, dikatakannya juga bisa melalui jalur Dakwah. Untuk itu, motto yang diangkat adalah "Selamatkan dan Bangun Indonesia Dengan Da'wah".

Ada beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut, diantaranya.

Materi tentang Adab dan Fikih yang menghadirkan narasumber Ust. Nashrullah sebagai dosen ADI Pontianak dan dosen Alkhansa Pontianak.

Kemudian juga narasumber dari Dewan Dakwah Pontianak yaitu Ust. Uray Helwan selaku pengurus Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Kota Pontianak yang mengisi materi tentang Karakteristik Seorang Da'i.

Kemudian Ust. Ubaidullah Murjani Yatim selaku ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Pontianak sekaligus Pembina Kampus ADI Pontianak serta ketua Ikatan Imam dan Khatib Kalbar yang mengisi materi tentang Retorika dakwah, teknik mempersiapkan materi dan simulasi khutbah.

Dan juga menghadirkan Muhammad Rizal Edwin selaku Trainer ESQ dengan materi Public Speaking. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved