Breaking News:

Aktivitas Masyarakat Lumpuh Total, Ketinggian Banjir di Kecamatan Serawai Capai Enam Meter

Total 22 desa di Kecamatan Serawai, terendam banjir dari total 38 desa. Masyarakat saat ini ada yang bertahan di rumah berlantai dua, ada pula yang me

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Aktivitas masyarakat di Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, lumpuh total akibat banjir luapan sungai melawi. Total 22 desa di Kecamatan Serawai, terendam banjir dari total 38 desa. Masyarakat saat ini ada yang bertahan di rumah berlantai dua, ada pula yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Aktivitas masyarakat di Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, lumpuh total akibat banjir luapan sungai melawi.

Total 22 desa di Kecamatan Serawai, terendam banjir dari total 38 desa. Masyarakat saat ini ada yang bertahan di rumah berlantai dua, ada pula yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Pusat kecamatan serawai, menjadi titik paling parah terdampak banjir. Kedalam air bahkan mencapai 6 meter. Aktivitas pedagangan lumpuh. Banyak kendaraan sepeda motor warga yang terendam air.

DATA Sementara BPBD Sintang Paparkan Delapan Desa dan 488 KK Terdampak Banjir di Kecamatan Ambalau

"Lumpuh total. Banjir di pusat kecamatan sedalam 6 meter," kata Kapolsek Serawai, AKP Muhammad Rasyid kepada Tribun Pontianak, Minggu 3 Oktober 2021.

Minggu pagi, Kapolsek Serawai bersama dengan Forkompincam melakukan monitoring ke sejumlah desa yang terdampak banjir.

Patroli dilakukan dengan menggunakan sped boat pada wilayah yang dapat dijangkau terdiri dari Desa Tanjung Baru,Desa Nanga Serawai,Desa Nanga Mentatai dan Desa Nusa Tujuh

"Dari hasil pantauan tim patroli ketinggian debit air sungai Melawi dari bahu jalan mencapai kurang lebih 6 meter, banjir yang terjadi mengakibatkan kerugian bagi warga," kata Rasyid.

Banjir yang terjadi melanda sebagian wilayah Kecamatan Serawai dengan total wilayah desa yang terdampak sebanyak 22 desa dari 38 jumlah desa secara keseluruhan."Tidak menutup kemungkinan banjir yang melanda pada wilayah Serawai menyebabkan kerusakan material dan kerugian materi bagi warga yang terdampak," jelasnya.

Saat ini, ada sekitar 20 orang warga yang mengungsi di Desa Muara Kota. "Tempat pengungsian sekitar 20 orang. Sementara masih satu lokasi perumahan PASTORAN desa Muara Kota," jelasnya. (*)

Update Informasi Seputar Kabupaten Sintang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved