Breaking News:

Swadesi Borneo, Damkar Dengan Berbagai Keterampilan, Dari Pemadaman Sampai Evakuasi Berbagai Hewan

Satu diantara pemadam Kebakaran yang memiliki keterampilan untuk melakukan berbagai kegiatan penyelamatan tersebut ialah Pemadam Kebakaran dan Penyela

Penulis: Ferryanto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Petugas Damkar Swadesi Borneo saat melakukan berbagai macam tugas, dari pemadaman lahan, rumah, evakuasi sarang tawon, evakuasi ular, hingga melakukan penyemprotan disinfektan saat Pandemi Covid 19 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Petugas Pemadam Kebakaran saat ini tidak hanya fokus untuk bertugas memadamkan kebakaran, namun dalam perkembangan zaman Pemadam kebaran saat ini memiliki banyak sekali kemampuan untuk membantu masyarakat mengatasi kesulitan ataupun kejadian insidentil yang terjadi di masyarakat.

Seperti halnya saat ini di Kota Pontianak saat ini, selain fokus memadamkan kebakaran bangunan dan Lahan, Petugas Pemadam Kebakaran di Kota Pontianak juga kerab mendapat laporan untuk melakukan penyemprotan solar atau minyak yang tumpah, mendapat aduan evakuasi sarang tawon yang membahayakan masyarakat, melepas cincin yang tidak dapat lepas dari jari tangan, mengevakuasi ular yang masuk ke pemukiman, serta permasalahan masyarakat lainnya yang mengancam keselamatan.

Satu diantara pemadam Kebakaran yang memiliki keterampilan untuk melakukan berbagai kegiatan penyelamatan tersebut ialah Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Swasta Swadesi Borneo Pontianak.

Pemadam Kebakaran Swasta Swadesi Borneo Berdiri sejak tahun 2011 lalu, dan saat ini sudah memiliki sebanyak 25 personel aktif yang memiliki berbagai keterampilan.

Deri Herlino, Komandan Lapangan Swadesi Borneo menyampaikan anggota Pemadam Kebakaran Swadesi Borneo sudah mengikuti pelatihan untuk melakukan evakuasi di air, evakuasi vertikal pada ketinggian, evakuasi pada reruntuhan bangunan, evakuasi korban kecelakaan, mengevakuasi sarang tawon, ular dan sebagainya, dengan keterampilan yang dimilki itu, tim dari Pemadam Swadesi Borneo sudah melakukan berbagai kegiatan evakuasi, diantaranya evakuasi sarang tawon, ular berbisa, cincin yang sulit dilepas, korban kecelakaan lalu lintas.

Jurnalisme Keberagaman Mengikis Prasangka dan Bangun Pemahaman Antarsuku

Keterampilan tersebut tidak didapat begitu saja, ia mengatakan dirinya yang sejak lama bergelut dibidang relawan kerab mengikuti berbagai pelatihan terkait teknik penyelamatan diberbagai medan, dan saat ia bersama teman - temannya mendirikan Damkar Swadesi Borneo, kemampuan itu diteruskan ke anggotanya, selain itu anggotanya pun diikutkan ke berbagai pelatihan yang diselenggarakan pihak terkait, oleh sebab itu anggota memiliki berbagai keterampilan.

"Dan memang tim ini kita bentuk bukan hanya pemadam kebakaran, namun bersifat kebencanaan, dan penyelamatan, apapun itu yang sifatnya membahayakan manusia kita akan bantu, urbant resque,''tuturnya.

Dalam hal proses penyelamatan, Deri menjelaskan pihaknya selalu mengutamakan keselamatan dari tiap anggota, setiap anggota yang akan berangkat melakuan resque atau penyelamatan atas laporan warga, harus melengkapi dirinya dengan berbagai APD. Tanpa APD yang lengkap dari ujung kepala hingga kaki, maka anggotanya tidak akan diperkenankan untuk melakukan penyelamatan.

Prinsipnya, petugas penyelamat harus dalam kondisi terbaik dan prima, baik dari sisi perlengkapan maupun kemampuan, karena bila hal tersebut tidak dilakukan maka dapat membahayakan nyawa sendiri ataupun warga yang membutuhkan pertolongan.

"Dalam menjadi petugas penyelamat harus Safety dulu, tidak boleh konyol, contohnya untuk melakukan evakuasi ular berbisa yang masuk kedalam rumah warga, kita tidak bisa hanya bermodalkan nekat, karena berbahaya bagi diri sendiri, baju pelindung, sarung tangan, helem, sepatu, dan tongkat khusus untuk menangkap ular, begitu pula dengan proses evakuasi sarang Tawon,''ujarnya.

Diusia yang hampir 10 tahun, Damkar Swadesi Borneo saat ini juga sudah memiliki berbagai perlengkapan penyelamatan baik di darat, air, dan ketinggian, bahkan di masa Pandemi ini pihaknya pun memiliki peralatan disinfektan.

Ia mentargetkan, dengan semakin berkembangnya kota Pontianak, pihaknya mentargetkan memiliki mobil Crane, agar dapat membantu bila ada warga yang mengalami insiden kecelakaan, selain itu pihaknya pun mentargetkan dapat memiliki Call Center sendiri agar mereka dapat lebih cepat dalam menindaklanjuti laporan dari masyarakat.

Hingga saat ini, Deri mengatakan pihaknya dari Damkar Swadesi Borneo masih terus membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi relawan, namun ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan, pertama harus menyiapkan mental, kedua juga harus menyiapkan fisik, karena dalam proses penyelamatan tidak kenal waktu dan kondisi, sehingga memang dibutuhkan orang - orang yang tangguh dengan mental baja.

Bagi warga yang membutuhkan ataupun bergabung dengan pemadam kebakaran Swadesi Borneo dapat menghubungi nomor handphone 0852 4563 0008, ataupun media sosial Instagram damkar.swadesi.borneo, ataupun Fb Badan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Swadesi Borneo. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved