Breaking News:

18 Desa di Serawai Sintang Terdampak Banjir Luapan Sungai Melawi, Kapolsek Imbau Masyarakat Waspada

"Dari hasil pantauan Patroli yang ketinggian air sudah mencapai kurang lebih 4 meter dari bahu jalan," kata Kapolsek Serawai, AKP Muhammad Rasyid kepa

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kapolsek memimpin langsung kegiatan patroli bersama dengan Forkompincam dalam rangka monitoring kenaikan Debit air sungai Melawi sekitar pukul 15.25 Wib. Kegiatan patroli dilakukan pada wilayah hukum Polsek Serawai yang terdampak banjir terdiri dari objek vital serta pemukiman padat penduduk. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Banjir akibat luapan sungai melawi tidak hanya melanda sejumlah desa di Ambalau, tapi juga di Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Berdasarkan data hasil monitoring Polsek Serawai, ada 18 desa di bantaran DAS Sungai Melawi yang terdampak banjir.

"Dari hasil pantauan Patroli yang ketinggian air sudah mencapai kurang lebih 4 meter dari bahu jalan," kata Kapolsek Serawai, AKP Muhammad Rasyid kepada Tribun Pontianak, Sabtu 2 Oktober 2021.

Kapolsek memimpin langsung kegiatan patroli bersama dengan Forkompincam dalam rangka monitoring kenaikan Debit air sungai Melawi sekitar pukul 15.25 Wib.
Kegiatan patroli dilakukan pada wilayah hukum Polsek Serawai yang terdampak banjir terdiri dari objek vital serta pemukiman padat penduduk.

"Debit air sungai Melawi yang naik diseputaran wilayah Kecamatan Serawai dan sekitarnya disebabkan tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir. Tidak menutup kemungkinan debit air sungai akan semakin tinggi dikarenakan sebagian besar wilayah Serawai diperkirakan masih turun hujan dengan intensitas sedang. Dikhawatirkan jika debit air sungai semakin naik maka akan menambah kerugian warga yang terdampak banjir serta desa-desa yang berada di tepian sungai Melawi," ungkap Kapolsek.

Kondisi Terkini Banjir di Ambalau Sintang, Warga Evakuasi Perabotan Rumah Gunakan Longboat

Kapolsek meminta unit Binmas Polsek Serawai menyambangi warga yang kediamannya terkena banjir untuk memberikan imbauan Kamtibmas dan membantu mengevakuasi barang-barang berharga milik warga.

"Masyarakat kami imbau agar waspada dan berhati-hati menjaga anak-anak, dan lansia serta barang berharga karena dimungkinkan debit air masih semakin naik. Dalam mengevakuasi barang-barang menggunakan sampan agar waspada memperhatikan arus deras sungai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," imbau Kapolsek.

Berikut data desa terdampak banjir di Kecamatan Serawai

- Desa Sabang Landan
- Desa Tontang
- Desa Temakung
- Desa Tanjung Harapan
- Desa Pagar Lebata
- Desa Bedaha
- Desa Talian Sahabung
- Desa Begori
- Desa Gurung Sengiang
- Desa Batu Ketebung
- Desa Tanjung Raya
- Desa Nanga Serawai
- Desa Tanjung Baru
- Desa Mentatai
- Desa Nusa Tujuh
- Desa Nanga Tekungai
- Desa Segulang
- Desa Baras Nabun

Sumber data: Polsek Serawai. (*)

(Simak berita terbaru dari Sintang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved