Breaking News:

3 Hari Pasca Aksi Protes Warga Binaan, Lapas Perempuan Pontianak Kini Sudah Kondusif

Pasca aksi protes warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2 A Pontianak karena razia handphone yang dilakukan petugas Lapas pada Selasa 28 September

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kapolsek Sungai Kakap Iptu Sunyitno bersama Ka Lapas Perempuan Kelas 2 A Pontianak saat memantau situasi Lapas pasca aksi protes warga binaan beberapa hari lalu, Jumat 1 Oktober 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pasca aksi protes warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2 A Pontianak karena razia handphone yang dilakukan petugas Lapas pada Selasa 28 September 2021 lalu, saat ini kondisi Lapas sudah kondusi, Jumat 1 Oktober 2021.

Berbagai aktivitas dan kegiatan Lapas Perempuan yang beralamat di Desa Pal 9 Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya Kalbar, sudah berjalan seperti biasa, walaupun masih ada sejumlah program warga binaan yang belum diaktifkan.

"Alhamdulillah semua sudah kondusif, dan kemarin dari Kakanwil bersama Divpas juga sudah datang meninjau untuk memastikan kondusifitas Lapas,, namun demikian kami petugas lapas terus berusaha untuk siaga"ujar Jaleha Khairan Noor Kepala Lapas Perempuan Kelas 2 A Pontianak.

BMKG Prakirakan Cuaca di Kota Pontianak Mulai Kondusif

Guna mengantisipasi hak serupa, Jaleha menyampaikan pihaknya terus berusaha melakukan pendekatan yang lebih intens dan humanis kepada seluruh warga binaan, agar mereka dapat mematuhi dan memahami secara sadar peraturan di dalam Lapas.

Pada kesempatan ini, Jaleha pun mengatakan bahwa pada aksi protes dari warga binaan setelah razia tersebut tidak ada pegawai lapas yang disandera oleh warga binaan, dan tidak ada yang mengalami kekerasan.

Adapun 3 petugas lapas pada saat itu memang bertugas di dalam blok warga binaan.

"Sandera tidak ada, mereka memang petugas blok, yang saat itu ada di dalam blok berjaga,"Tuturnya.

Selanjutnya, Kapolsek Sungai Kakap Iptu Sunyitno, SH, MH  yang melakukan sambang rutin dan patroli ke Lapas Perempuan Kelas 2 A Pontianak menyampaikan bahwa pada saat aksi protes itu terjadi pihaknya dari Kepolisian hadir dan mendukung pihak lapas dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif di dalam Lapas.

Dalam prosesnya sendiri seluruh warga binaan berhasil di tenangkan setelah kepolisian dan Lapas melakukan negosiasi secara humanis.

Iptu Sunyitno mengatakan, pihak Polsek dan Lapas Perempuan sendiri telah sejak dahulu selalu berkoordinasi secara rutin, baik guna pendekatan kepada warga binaan, dan pengamanan Lapas secara keseluruhan.

"Sejak dahulu kami dari Kepolisian selalu bersinergi dengan pihak Lapas untuk menciptakan suasana yang kondusif,"tutup Kapolsek Sungai Kakap Iptu Sunyitno. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved