Breaking News:

PTIC Sebut Asesmen Nasional Berbasis Komputer ANBK Berjalan Kondusif

“Dari laporan yang masuk dari pengurus wilayah dan daerah pelaksanaan ANBK kali ini aman dan lancar dan tidak terlihat pihak–pihak yang mengintervensi

Penulis: Imam Maksum | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sekjen PTIC, Dodi Iswanto. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SMA berlangsung mulai Senin 27 September 2021 hingga Kamis 30 September 2021.

ANBK diujikan kepada siswa meliputi kemampuan Literasi, Survey Karakter, Numerasi dan Survey Lingkungan Belajar, sedangkan bagi guru hanya mengisi Survey Karakter, Survey Lingkungan Belajar.

Sekjen Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC) Dodi Iswanto mengatakan ANBK berjalan kondusif dan lancar.

“Dari laporan yang masuk dari pengurus wilayah dan daerah pelaksanaan ANBK kali ini aman dan lancar dan tidak terlihat pihak–pihak yang mengintervensi,” ujar Dodi Iswanto dalam rilis yang diterima Tribun Pontianak, Kamis 30 September 2021.

Dodi Iswanto mengungkapkan ANBK sedikit berbeda suasana dengan Ujian Nasional (UN) yang lalu. Dimana, menurut Dodi, aparat keamanan seperti kepolisian ikut serta terlibat langsung. “Seperti distribusi soal hingga pengamanan pelaksanaan ujian, namun ANBK kali ini berbeda,” katanya.

Dodi mengatakan pada pelaksanaan di lapangan ada Unit Pelaksana Pusat (UPT) Kemendikbud–Ristek RI seperti Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Kemudian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat yang turut serta melakukan pemantauan untuk memastikan kelancaran Pelaksanaan ABNK.

Tunda Pengumuman Seleksi PPPK Tahap 1, PTIC Aspirasikan Bobot Penilaian

Menurut Dodi hasil ANBK akan terlihat setelah data diolah dan dianalisis dalam bentuk raport pendidikan. Hasil raport ANBK tersebut dilakukan cek, ricek dan crosscek terhadap fakta lapangan.

Semoga, katanDodi, siswa mengisi Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar tidak melaporkan yang baiknya saja sehingga ANBK ini bisa menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan selanjutnya.

Dikatakan Dodi, Kepala SMAN 8 Semarang, Sugiyo melaporkan jumlah peserta ANBK di SMAN 8 Semarang 45 siswa peserta dan 5 peserta pengganti. Sesuai dengan SOP yang telah ada.

Jadwal ANBK di SMAN 8 Semarang mulai 27 – 28 September 2021. Dodi menjelaskan satu hari ada dua sesi dengan sesi pertama Senin 27 September 2021 adalah Literasi, Survey Karakter, dan sesi kedua Selasa 28 September 2021 meliputi Numerasi dan Survey Lingkungan Belajar.

Dodi menyebut semua siswa diwajibkan hadir untuk mengikuti ANBK dengan protokol kesehatan yang ketat. Fasilitas yang digunakan di SMAN 8 Semarang terdapat 3 lab komputer dengan 3 server.

SMAN 8 Semarang telah melakukan sinkronisasi server pada Sabtu 25 September 2021, yang dipantau langsung oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan para teknisi ANBK.

Kepala SMAN 8 Semarang, Sugiyo bersyukur pelaksanaan ANBK lancar dan aman. Pihak sekolah maupun siswa tidak merasa terbenani.

“Lancarnya pelaksanaan ANBK di SMAN 8 Semarang berbeda halnya dengan beberapa kabupaten yang lainnya, terutama yang di luar pulau Jawa, pinjam meminjam sarana dan prasarana kepada sekolah lainnya atau kepada pribadi guru masih terjadi, dan juga ada yang harus menumpang tempat ujian ANBK di sekolah lainnya,” ujarnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved