Breaking News:

Daniel Johan Nilai PP Nomor 85 Tahun 2021 Beratkan Rakyat

Dengan kenaikan PNBP hingga berkali lipat itu, ia menilai dapat mempersulit nelayan, dan dapat menimbulkan dampak domino yang negatif.

Penulis: Ferryanto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Kalbar, Daniel Johan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Peraturan Pemerintah Nomor 85 tahun 2021 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak (PNBP) menuai penolakan dari berbagai kelompok nelayan dan pengusaha perikanan di Indonesia, tak terkecuali Kalimantan Barat.

Daniel Johan, Anggota DPR RI asal Kalbar menyampaikan peraturan tersebut menambah beban yang berat bagi masyarakat khususnya nelayan.

"intinya sikap saya kalau KKP tidak bisa membantu nelayan, minimal jangan malah mempersulit, kalau belum bisa membuat perikanan maju, setidaknya jangan membuat mundur, jangan bisanya hanya memberatkan rakyat dengan pajak terutama di tengah dunia perikanan babak belur dan banyak yang bangkrut selama lima tahun ini,''ujarnya saat di konfirmasi Tribun Pontianak, rabu 29 september 2021.

"Sektor lain seperti pajak mobil, pariwisata, maupun investasi mendapat subsidi dan relaksasi dari pemerintah, ini nelayan malah dibebani dengan kenaikan PNBP 200-500 persen,''timpalnya.

Daniel Johan Siap Dorong Dorong Kalbar Jadi Basis Kekuatan Pangan Nasional

Dengan kenaikan PNBP hingga berkali lipat itu, ia menilai dapat mempersulit nelayan, dan dapat menimbulkan dampak domino yang negatif.

"ini sama saja pangan rakyat mau dipajakin tinggi, nanti rakyat kita tidak bisa lagi makan ikan. Penolakan dari nelayan dan pelaku perikanan sudah keras dari berbagai daerah, mereka akan mogok melaut, saya minta pemerintah sungguh-sungguh mendengarkan kesulitan mereka dan membatalkan rencana kenaikan ini,''katanya.

Dikatakannya, Ini baru rencana permen yang belum berlaku, oleh sebab itu cara terbaik adalah memanggil para nelayan dan pengusaha perikanan dan dengarkan masukan dari nelayan dan para pelaku, kemudian membuat roadmap bersama agar perikanan bisa menjadi kekuatan utama membangun indonesia. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved