Breaking News:

Berlangsung Semi Virtual, Kontingen Kalbar Optimis Raih Juara pada Utsawa Dharma Gita Nasional ke 14

Bertempat di Hotel Harris Pontianak pada tanggal 27 dan 28 september 2021, Utsawa Dharma Gita yang merupakan kompetisi membaca Nyanyian Suci Weda pela

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Peserta Utsawa Dharma Gita ke 14 Tingkat Nasional Asal Kalbar saat menampilkan kemampuannya pada Utsawa Dharma Gita ke 14 yang di langsungkan secara semi virtual di hotel Harris Pontianak, Selasa 28 September 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Utsawa Dharma Gita (UDG) Nasional ke 14 secara resmi telah digelar, 19 orang terbaik asal Kalbar dikirim  mewakili Kalbar dalam kancah nasional.

Bertempat di Hotel Harris Pontianak pada tanggal 27 dan 28 september 2021, Utsawa Dharma Gita yang merupakan kompetisi membaca Nyanyian Suci Weda pelaksanaannya dilangsungkan secara semi virtual, yakni dengan sistem perekaman dan hasilnya nanti akan dinilai di pusat, dan hasilnya akan diumumkan pada perkiraan bulan Oktober 2021.

Dengan menggunakan berbagai pakaian khas masyarakat Kalimantan Barat dari Suku Melayu, Dayak dan Tionghoa, para peserta menunjukan kemampuannya dalam membaca, nyanyian-nyanyian suci dan menterjemahkan kitab agama suci Hindu.

Rusuh di Lapas Perempuan Pontianak, Sejumlah Fasilitas Lapas Dirusak

I Wayan Sudiana, Ketua Panitia Kontingen UDG Tingkat Nasional ke 14 Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan Kalimantan Barat mengikuti 6 cabang perlombaan Utsawa Dharma Gita kategori dewasa, remaja dan anak - anak, 6 cabang ini antara lain Utsawa Membaca Sloka, Utsawa Membaca Palawakya, Utsawa Membaca Kakawin, Utsawa Nyanyian Keagamaan Hindu, Utsawa Dharmawacana Bahasa Indonesia dan Inggris, dan Utsawa Menghafal Sloka.

''Untuk pesertanya sebanyak 19 orang yang terbagi dalam mengikuti 6 cabang,''ujarnya, Selasa 28 September 2021.

Dengan latihan yang sudah cukup lama dilalui oleh para perwakilan Kalbar, Pihaknya mentargetkan, pada tahun ini Kalimantan Barat dapat masuk dalam nominasi juara.

''mudah - mudahan tahun ini kalimantan barat dapat meraih juara dan mengharumkan nama kalbar,''harapnya.

Sementara itu, Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Kalbar, Wayan Slamet  mengatakan kegiatan UDG ini merupakan program langsung dari Kementerian Agama khususnya di Direktorat Bimbingan masyarakat Hindu Kementerian Agama RI. 

"Adapun tujuannya adalah mengejawantahan (manifest) nilai-nilai ajaran agama Hindu. Sebenarnya bila tidak masa pandemi Covid-19 kegiatan ini akan dilangsungkan terpusat di Maluku pada tahun 2020. Namun karena saat ini masih  pandemi maka dilakukan secara semi virtual," ujarnya.

Kepala Kemenag Kalbar Syahrul Yadi, berharap disamping mengejar prestasi, dengan perlombaan ini diharapkannya pula dapat membumikan kitab suci agama Hindu di Kalimantan Barat.

"Artinya apa, apa substansi yang ada pada perlombaan ini dapat dipahami dan diamalkan untuk kejayaan kehidupan berbangsa dan bernegara,"tuturnya.

Ia berharap, perwakilan Utsawa Dharma Gita asal Kalbar dapat meraih hasil yang baik dan meraih juara nasional.

Pihaknya siap memberikan reward bagi perwakilan asal Kalbar yang dapat meraih juara dikancah nasional. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved