Breaking News:

Terima Kunjungan Menkes RI, Pemkot Pontianak Tunjukkan Berbagai Inovasi

Untuk itu, kedatangan Menkes RI ke Puskesmas tersebut bisa memberikan semangat bagi tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyara

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meninjau pelayanan kesehatan di Puskesmas Gang Sehat Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, Selasa 28 September 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kunjungan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi le Puskesmas Gang Sehat Kelurahan Kota Baru Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak Kalimantan Barat disambut baik oleh Pemerintah Kota Pontianak yang hadir langsung pada kesempatan itu Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Kadis kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu dan jajaran serta pihak puskesmas, Selasa 28 September 2021.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, dalam kunjungan Menkes RI ke Puskesmas Gang Sehat itu, Menkes mengapresiasi keberadaan puskesmas yang dinilai sangat baik, lantaran memiliki lebih dari 20 inovasi, baik dari sisi infrastruktur maupun pelayanan.

Untuk itu, kedatangan Menkes RI ke Puskesmas tersebut bisa memberikan semangat bagi tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kedatangan Menkes ini, kita harapkan bisa menyemangati para petugas dalam memberikan pelayanan yang optimal dan prima di bidang kesehatan. Karena beliau menyampaikan Puskesmas ini bisa menjadi salah satu role model bagi puskesmas di daerah lainnya," ujarnya.

Untuk diketahui, satu diantara inovasi di Puskesmas Gang Sehat ini adalah pelayanan kesehatan bagi ibu hamil di Puskesmas ini akan diberikan beras jenis fortivikasi yang mengandung nilai gizi dan vitamin.

Menkes RI Budi Gunadi Sebut Puskesmas Gang Sehat di Pontianak Contoh Bagi Puskesmas yang Lain

"Beras ini mampu mengatasi stunting dan hemoglobin sehingga anak-anak terlahir kuat dan sehat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyatakan, kunjungan kerja Menkes ke Puskesmas Gang Sehat dalam rangka untuk mengetahui bagaimana pelayanan kesehatan di masa pandemi.

"Beliau melihat semua pelayanan kita, termasuk di sini ada pelayanan Ponep untuk ibu hamil, pelayanan pasien-pasien Covid-19 yang sudah terpisah dari pelayanan-pelayanan yang biasa," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga memaparkan kepada Menkes terkait upaya-upaya yang dilakukan puskesmas bagaimana membuat suatu pelayanan yang berkualitas dengan inovasi tersebut.

Satu diantaranya adalah pemberian makanan berupa beras jenis Fortivit bagi ibu hamil yang dikategorikan gizinya kurang.

Beras ini sudah melalui proses fortivikasi yang mengandung vitamin, mineral dan sebagainya. Dari hasil pengamatan, setelah diberikan beras fortivikasi ini selama tiga bulan, ada dampak yang signifikan bagi ibu hamil tersebut.

"Tentunya dengan pemberian makanan bergizi kepada ibu hamil akan membawa dampak bagi bayi yang dikandungnya. Diharapkan dengan pemberian gizi melalui beras fortivikasi ini bisa meningkatkan gizi anak di dalam kandungan dan mencegah stunting pada balita," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved