Breaking News:

Peringati World Cleanup Day, Ratusan Relawan Gelar Aksi Pungut dan Pilah Sampah di Waterfront

Aksi sosial tersebut dimulai dari Waterfront tepatnya di Barito. Kemudian menyusuri sepanjang promenade. Selain ratusan relawan yang ikut dalam aksi i

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Para relawan melakukan aksi memungut dan memilah sampah di sepanjang waterfront dalam rangka peringatan World Cleanup Day 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) tahun 2021 ratusan relawan melakukan aksi memungut dan memilah sampah di kawasan waterfront Pontianak Kalimantan Barat tepian sungai Kapuas, Minggu 26 September 2021 pagi. 

Aksi sosial tersebut dimulai dari Waterfront tepatnya di Barito. Kemudian menyusuri sepanjang promenade. Selain ratusan relawan yang ikut dalam aksi ini, turun langsung Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono 

Leader WCD Provinsi Kalimantan Barat Hairunnisa menyampaikan, bahwa kegiatan WCD ini merupakan aksi bersih-bersih sampah yang terbesar digelar seluruh dunia, terkhusus di Kota Pontianak digelar dikawasan waterfront.

Satarudin Sarankan Pemerintah Kota Pontianak Lakukan Inovasi Kelola Sampah Jadi Bernilai Ekonomi

Ia menjaskan, alasan diipilihnya waterfront sebagai lokasi pada aksi ini, lantaran sampah-sampah itu berakhir pada kawasan perairan terutama sungai dan laut. 

"Sehingga kita memilih kawasan waterfront di tepian Sungai Kapuas menjadi lokasi WCD. Harapannya kegiatan ini bisa membawa pengaruh bagi masyarakat Kota Pontianak untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama persoalan sampah," ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, pada aksi ini, sampah yang dipilah mencakup sampah plastik, organik, elektronik hingga sampah limbah berbahaya seperti masker. 

Ia menilai, persoalan sampah rutin setiap hari dihadapi, karena manusia setiap harinya memproduksi sampah, baik itu sampah organik dan non organik, sampah elektronik dan sebagainya. 

"Maka Kami mengajak agar masyarakat lebih peduli terhadap isu lingkungan terutama sampah, bisa mengurangi jumlah sampah harian di rumah dan melakukan aksi pilah sampah dari rumah," ungkapnya. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved