CPNS Kalbar

Pelaksanaan SKD CPNS Berjalan Lancar, Herkulanus : Hingga Hari Kedua 49 Orang Tak Hadir

“Sementara formasi CPNS yang ditetapkan sebanyak 223 formasi, terdiri dari tenaga kesehatan 105 formasi dan tenaga teknis 118 formasi,”ujarnya.

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau Herkulanus HP. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau Herkulanus HP menyampaikan hingga saat ini pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2021 di Lingkungan Pemkab Sanggau berjalan lancar.

Seperti diketahui, hari ini merupakan hari ketiga berlangsungnya SKD CPNS di Sanggau. Pelaksanaan SKD tahun 2021 dimulai sejak Selasa 21 September 2021 hingga 30 September 2021.

"Berjalan lancar. dan kalau ada lampu padam, Panitia sudah menyiapkan genset sehingga ujian tetap masih bisa berlangsung," katanya melalui telpon selulernya, Kamis 23 September 2021.

Dikatakannya, Pelaksanaan SKD tersebut dipusatkan di SMK Negeri 1 Sanggau, dan total peserta SKD CPNS sebanyak 2.752 orang. Dihari pertama dan kedua SKD dengan sistem CAT itu ada beberapa peserta yang hasil rapid test antigennya reaktif dan ada juga yang tidak hadir tanpa keterangan.

Satlantas Polres Sanggau Gelar Donor Darah dan Baksos di HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara

“Tanggal 21 September 2021 yang tidak hadir sebanyak 20 orang. 5 orang diantaranya karena reaktif Covid-19 dan 15 orang lainnya tanpa keterangan,"jelasnya.

Kemudian dihari kedua, sebanyak 29 orang yang tidak hadir. 4 orang diantaranya karena reaktif Covid-19 dan 25 orang tanpa keterangan.

Bagi peserta SKD yang reaktif Covid-19, lanjutnya, akan dijadwalkan ulang pelaksanaan tesnya di UPT BKN di Pontianak. Akan tetapi untuk waktu pelaksanannya belum ditentukan.

Sedangkan bagi peserta SKD yang tidak hadir tanpa keterangan, Dianggap gugur dan tidak berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

“Sementara formasi CPNS yang ditetapkan sebanyak 223 formasi, terdiri dari tenaga kesehatan 105 formasi dan tenaga teknis 118 formasi,”ujarnya.

Pelaksanaan SKD berlangsung dengan durasi 100 menit untuk menjawab 110 soal. Soal-soal tersebut terdiri dari tiga jenis materi, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Namun durasi 100 menit tersebut dikecualikan bagi pelamar penyandang disabilitas. Untuk kelompok peserta ini durasi yang diberikan untuk menjawab soal SKD selama 130 menit.

Dari jumlah 110 soal SKD itu tersebut, 30 soal untuk materi TWK, 35 soal untuk materi TIU dan 45 soal untuk materi TKP. Kemudian bobot nilai setiap soal untuk materi soal TWK dan TIU adalah lima jika menjawab benar dan salah/tidak menjawab adalah nol. Sedangkan bobot soal TKP paling rendah satu dan paling tinggi lima serta tidak menjawab nol.

“Nilai ambang batas atau passing grade untuk TWK adalah 65, TIU 80 dan TKP 166. Kemudian nilai maksimal atau nilai tertinggi untuk soal TWK adalah 150, 175 untuk soal TIU dan 225 untuk soal TKP,”jelasnya.

Herkulanus menambahkan, Pelaksanaan tes, dalam satu hari ada empat sesi dan setiap sesi diikuti 80 peserta.

“Ruangan tes ada 3 dengan pembagian peserta setiap ruangan 25, 25 dan 30 peserta, Jadi total satu hari ada 320 orang yang mengikuti tes,”pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Sanggau)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved