Breaking News:

Wagub Ria Norsan Ingatkan Aturan ASN Bolos Kerja Hingga 10 Hari Kini Bisa Terancam Dipecat

Peraturan ini baik dan diperlukan ASN agar lebih disiplin dan harus memang tujuannya disana karena kondisi PNS sekarang tidak mengarah kesana

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Wagub Ria Norsan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah secara resmi mengesahkan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Regulasi terbaru ini salah satunya mengatur hukuman disiplin jika PNS melanggar. Sanksi bagi para ASN terbagi menjadi tiga kategori, sanksi ringan, sedang, hingga berat.

Sanksi terberat sampai pada pemecatan. Dimana dalam aturan tersebut, PNS yang kedapatan tidak masuk kerja selama 10 hari secara terus menerus (berturut-turut) maka mendapatkan sanksi dipecat dengan hormat.

Menanggapi hal tersebut,Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan mengatakan bahwa ASN sekarang dinilai kerjanya dengan sistem beban kerja.

Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan Minta Data Penduduk Miskin Diperbaharui

“Artinya satu hari harus punya catatan masuk 8 jam, seandainya ASN tersebut hanya masuk 6 jam juga akan berpengaruh pada TP yang bisa berkurang. Sebav yang dihitung adalah beban kerjanya,”ujarnya.

Seadainya beban kerjanya 100 jam, tapi hanya tercatat 90 jam kerja. Makan tunjangan kerja yang didapat tidak akan full.

Dengan disahkannya PP Nomor 94 Tahun 2021, maka secara otomatis merevisi peraturan sebelumnya yakni PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Sebelumnya pada PP Nomor 53 apabila ASN tidak masuk kerja selama 46 hari tanpa keterangan bisa diberhentikan tidak hormat.

“Jadi sekaramg lebih ketat lagi. Apabila ASN tidak masuk selama 10 hari tanpa berita bisa diberhentikan atau dipecat. Jadi lebih ketat dari PP Nomor 53,”jelasnya.

Dikatakannya peraturan ini tentu akan diberlakukan secara nasional biasanya sejak dikeluarkan dilakukan sosialisasi selama satu tahun baru penerapannya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved