Breaking News:

Ternak Ayam Petelur, Mendorong Desa Mandiri Pangan di Kalimantan Barat

Ternak ayam petelur dipilih oleh masyarakat sebagai sebuah integrasi aktivitas pertanian, untuk mendorong penggunaan pupuk kompos dibandingkan pupuk

Editor: Nina Soraya
Ternak Ayam Petelur, Mendorong Desa Mandiri Pangan di Kalimantan Barat - kelompok-program-mata-pencaharian-alternatif-binaan-sinar-mas-agribusiness-and-food.jpg
Tribunpontianak.co.id/Istimewa
Anggota kelompok Program Mata Pencaharian Alternatif binaan Sinar Mas Agribusiness and Food sedang melakukan perawatan rutin di kandang ayam petelur.
Ternak Ayam Petelur, Mendorong Desa Mandiri Pangan di Kalimantan Barat - telur-ayam-segar-yang-baru-dipanen.jpg
Tribunpontianak.co.id/Istimewa
Telur ayam segar yang baru dipanen oleh anggota kelompok Program Mata Pencaharian Alternatif binaan Sinar Mas Agribusiness and Food.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Budidaya ternak ayam petelur telah mendorong program kemandirian pangan di Kalimantan Barat.

Program tersebut berlangsung sukses dan telah membantu pemenuhan kebutuhan protein masyarakat setempat.

Selain itu, program ternak ayam petelur membuka peluang ekonomi baru, mengingat tingginya permintaan lokal akan konsumsi telur ayam.

Program berlangsung di tiga desa di Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Desa Marsedan Raya, Nanga Suhaid, dan Tanjung Harapan, yang telah bergabung dalam Program Mata Pencaharian Alternatif (Alaternative Livelihood Programme) sejak 2019 di bawah binaan Sinar Mas Agribusiness and Food.

Sinarmas Sumbang Obat Penyembuhan COVID-19 ke Pemprov Kalbar, Harisson Berikan Apresiasi

Program Mata Pencaharian Alternatif bertujuan mengajarkan masyarakat tentang budidaya pertanian ramah lingkungan dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada di area tersebut.

Ternak ayam petelur dipilih oleh masyarakat sebagai sebuah integrasi aktivitas pertanian, untuk mendorong penggunaan pupuk kompos dibandingkan pupuk kimia yang mahal dan tidak sehat.

Selain itu, adanya potensi ekonomi tambahan dari telur ayam, menjadi sebuah pertimbangan tersendiri.

Yayasan Tzu Chi Sinarmas Gelar Donor Darah Bantu Masyarakat

’’Adanya Program Mata Pencaharian Alternatif menjadi jembatan pemenuhan kebutuhan dasar dan memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat. Selain itu, telur ayam sebagai sumber protein menjadi asupan gizi yang baik bagi masyarakat. Semoga desa-desa dampingan lainnya dapat mengikuti kesuksesan desa-desa tersebut, dan besar harapan kami bahwa program ini menjadi bukti kehadiran perusahaan memberikan manfaat bagi masyarakat dan pembangunan daerah, “ tutur Susanto Yang, CEO Sinar Mas Agribusiness and Food Wilayah Kalbar.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved