Breaking News:

Pasien Covid-19 di Kota Pontianak Didominasi Oleh Warga Luar Kota

Hal itu, dikatakakannya, lantaran Kota Pontianak menjadi pusat rujukan dari Kabupaten/Kota lain di wilayah provinsi Kalimantan Barat.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menyampaikan, bahwa kasus covid-19 di Kota Pontianak Kalimantan Barat terjadi penurunan yang signifikan.

Untuk ketertularan atau porisitivity rate saat ini sudah rendah rendah, yakni dibawah 5 persen tempatnya diangka 2,5 persen.

Kendati demikian, pihaknya pun terus gencar melakukan tracing dan testing.

Jika di semua laboratorium di Kota Pontianak, kata Handanu, dalam sehari rata-rata antara 1.000-1.300 orang.

Pemkot Pontianak Terus Tekan Penyebaran Kasus Covid-19

"Sedangkan standar pemeriksaan perminggunya 1/1000 penduduk atau sekitar 600 perminggu. Jadi kita sudah bisa mencapai angka itu," ujarnya, Senin 20 September 2021.

Akan tetapi diakuinya, pihaknya masih belum bisa menzerokan kasus covid-19,

"Kasus setiap harinya masih saja ditemukan ada yang terkonfirmasi positif covid-19. Perhari pada minggu ke 36 sekitar 30 orang," katanya.

Selain itu, Untuk BOR ICU saat ini berada di angka 36,36 persen. Sedangkan untuk Keterisian tempat tidur isolasi covid-19 di rumah sakit saat ini berada di angka 14,68 persen.

Dari jumlah tersebut, Handanu menyebutkan, bahwa pasien dari luar kota Pontianak mendominasi lebih banyak daripada pasien dari kota Pontianak.

"Total pasien Covid-19 yang di rawat di ruang ICU dan isolasi yang terkonfirmasi positif covid-19 bergejala atau suspek sebanyak 103 orang, dari 103 ini dan sebanyak 54 warga dari luar kota. Sedangkan untuk warga Kota Pontianak sebanyak 49 orang," ujarnya.

Hal itu, dikatakakannya, lantaran Kota Pontianak menjadi pusat rujukan dari Kabupaten/Kota lain di wilayah provinsi Kalimantan Barat. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved