Breaking News:

Bawaslu Kapuas Hulu Komitmen Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Mustaan menuturkan, kalau Bawaslu Kapuas Hulu siap bekerja sama dengan pihak manapun.

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ ISTIMEWA
Ketua Bawaslu Kapuas Hulu Mustaan saat menghadiri kegiatan monitoring Evaluasi Keterbukaan informasi, yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalbar, secara virtual, di Ruangan Visual Kantor Gubernur Kalbar, Selasa 14 September 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Ketua Bawaslu Kapuas Hulu Mustaan menyatakan, kalau pihaknya sangat menyambut baik, telah dilaksanakan kegiatan monitoring Evaluasi Keterbukaan informasi, yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalbar, secara virtual, di Ruangan Visual Kantor Gubernur Kalbar.

"Mengapa kami menyambut baik dan harus menghadiri kegiatan tersebut, karena kami berkomitmen mewujudkan keterbukaan informasi publik," ujarnya kepada wartawan, Rabu 15 September 2021.

Dijelaskan Mustaan, dengan berbagai keterbatasan, Bawaslu Kapuas Hulu terus berupaya menyampaikan informasi kepada publik apa yang telah, dan akan dilakukan Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara pemilu di bidang pengawasan.

"Kami tetap sampaikan baik melalui web resmi lembaga, sosial media, lembaga dan e-PPID," ucapnya.

Bawaslu Kota Pontianak Gelar Vaksinasi, Dalam Waktu 3 Jam Link Pendaftaran Vaksin Penuh

Mustaan menuturkan, kalau Bawaslu Kapuas Hulu siap bekerja sama dengan pihak manapun.

"Ini semua demi upaya mewujudkan pemilu yang berkualitas, dan berintegritas," ungkapnya.

Ketua Komisi Informasi Kalbar, Rospita Vici Paulyn menyatakan kegiatan yang telah dilaksanakan pihaknya adalah, untuk mengukur sudah sejauh mana implementasi Keterbukaan Informasi pada badan-badan publik di Kalimantan Barat.

"Kegiatan monitoring evaluasi keterbukaan informasi yang tahapannya saat ini, telah memasuki visitasi atau presentasi pada Badan Publik di Kalbar. Dimana visitasi digelar, menindaklanjuti Kuesioner Penilaian Mandiri atau Self Assessment Questionnaire (SAQ)," ujarnya.

Dimana jelas Rospita, kalau pihaknya telah mengirimkan kepada kurang lebih 191 Badan Publik di Kalimantan Barat.

"Keseluruhan dokumen SAQ tersebut telah selesai dilakukan verifikasi, dan menghasilkan nilai pertama dengan bobot nilai 60 persen," ungkapnya.

Tahapan selanjutnya, tim penilai melakukan visitasi atau presentasi pada Badan Publik. Untuk mengukur sejauh mana Komitmen, Koordinasi, dan Inovasi yang telah dilakukan oleh Badan Publik terhadap pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik pada badan publiknya masing-masing. 

Tahun 2021 ini ada 9 (sembilan) kategori yang ditetapkan berdasarkan rapat pleno, yaitu Pemerintah Kabupaten atau Kota, OPD Pemprov Kalbar, BUMN Tingkat Provinsi Kalbar, BUMD Kalbar, Lembaga Legislatif, Lembaga Yudikatif, Lembaga Penyelenggara Pemilu Kabupaten atau Kota, Lembaga Negara Tingkat Provinsi Kalbar, dan Partai Politik.

[Update Berita seputar Kabupaten Kapuas Hulu]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved