Breaking News:

Cara Diabetes Sembuh Tanpa Obat ! Coba 10 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi secara Alami

Tidak hanya dengan obat, diabetes sebenarnya dapat diatasi dengan pendekatan tanpa obat atau secara alami.

Editor: Rizky Prabowo Rahino
SHUTTERSTOCK/Proxima Studio
Ilustrasi diabetes. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Tidak hanya dengan obat, diabetes sebenarnya dapat diatasi dengan pendekatan tanpa obat atau secara alami.

Penatalaksanaan tanpa obat berupa pengaturan diet dan olahraga bahkan semestinya yang menjadi langkah pertama sebagai cara mengobati diabetes.

Apabila dengan cara alami ini tujuan pengobatam diabetes belum tercapai, baru dapat dikombinasikan dengan langkah farmakologis berupa terapi insulin atau terapi obat hipoglikemik oral, atau kombinasi keduanya.

Seperti diketahui, diabetes mellitus adalah penyakit menahun yang ditandai oleh kadar glukosa darah atau gula darah yang melebihi nilai normal secara menahun.

(Update berita kesehatan lainnya disini)

Makanan Penurun Diabetes ! Coba Konsumsi 18 Makanan untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Melansir berbagai sumber, berikut ini saran cara mengobati diabetes secara alami untuk tujuan menjaga agar kadar gula darah dalam kisaran normal dan mencegah atau meminimalkan kemungkinan terjadinya komplikasi diabetes:

1. Batasi jumlah kalori

Melansir Buku saku “Pharmaceutical Care Untuk Penyakit Diabetes Mellitus” yang diterbitkan Kemenkes RI pada 2005, diet yang baik merupakan kunci keberhasilan penatalaksanaan diabetes.

Makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan adalah makanan dengan komposisi seimbang dalam hal karbohidrat, protein, dan lemak, seseuai dengan kecukupan gizi baik, yakni sebagai berikut:

- Karbohidrat: 60-70 persen dari asupan kalori harian

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved