Breaking News:

Apa Saja Manfaat Kayu Bajakah, Benarkah Bisa Menyembuhkan Kanker?

Studi awal menunjukkan kayu bajakah memiliki efek antibakteri. Efek yang sudah diuji yaitu mencegah infeksi terhadap bakteri Escherichia coli.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami | Editor: Maudy Asri Gita Utami
ISTIMEWA
Kayu Bajakah Asli- Studi awal menunjukkan kayu bajakah memiliki efek antibakteri. Efek yang sudah diuji yaitu mencegah infeksi terhadap bakteri Escherichia coli. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Kandungan senyawa dalam tumbuhan kayu bajakah tersebut dinilai memang memiliki potensi manfaat untuk mendukung kesehatan manusia.

Dalam sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa tanaman bajakah berpotensi bisa dimanfaatkan manusia sebagai obat luar atau salep.

Kayu bajakah sendiri terbukti mengandung senyawa berupa fenolik, flavonoid, tannin, dan saponin.

Kayu bajakah adalah tumbuhan asli dari Kalimantan Tengah. Suku Dayak, suku asli Kalimantan, telah menggunakan kayu ini sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit.

Namun, tumbuhan ini belum banyak dibudidayakan karena belum banyak yang mengetahui khasiatnya.

APA Saja Reaksi Vaksin Covid-19? Berikut Cara Penanganannya

Berpotensi sebagai obat kanker

Pada tahun 2019, tiga orang siswa sekolah menengah atas memenangkan medali emas lomba World Invention Creativity Olimpic. Mereka mengajukan manfaat kayu bajakah sebagai potensi obat kanker.

Pada percobaan yang dilakukan, mereka menemukan bahwa kayu bajakah bisa mengobati kanker pada tikus. Efek ini merupakan hasil dari kandungan flavonoid dan saponin. Kedua zat tersebut sudah terbukti sebagai zat yang memiliki efek antikanker.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan dosis yang cukup sebagai obat kanker yang efektif. Selain itu juga untuk mengetahui batas dosis dan efek samping yang mungkin timbul.

KENALI 2 Tumbuhan Fenomenal di Pulau Borneo Kalimantan! Dilema Daun Kratom dan Kayu Bajakah

Menangkal radikal bebas

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved