Breaking News:

Polres Sekadau Gelar Vaksinasi Covid-19, Kapolres Sebut Sudah Menjadi Agenda Bulanan

Polres Sekadau memiliki kuota vaksin dari Kementerian Kesehatan, Kuota vaksin itulah yang kemudian disalurkan bagi masyarakat secara bertahap.

Penulis: Marpina Sindika Wulandari | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di parkiran Mapolres Sekadau, Kalimantan Barat, Senin 13 September 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Polres Sekadau kembali menggelar vaksinasi Covid-19 massal bagi masyarakat umum yang dilaksanakan di halaman Mapolres Sekadau, Jl. Merdeka Barat, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Senin 13 September 2021.

Kapolres Sekadau AKBP K Tri Panungko menjelaskan sejatinya Polres Sekadau memiliki kuota vaksin dari Kementerian Kesehatan.

Kuota vaksin itulah yang kemudian disalurkan bagi masyarakat secara bertahap.

"Vaksinasi ini sudah menjadi agenda bagi kita dimana setiap 2 bulan sekali kita laksanakan vaksinasi yang lokasinya di Polres. Tapi untuk kegiatan-kegiatan di luar Polres yang sudah terprogramkan kita juga melaksanakan," jelas Kapolres.

Diketahui vaksinasi di Mapolres Sekadau sudah dilaksanakan untuk ketiga kalinya. Kapolres mengatakan, untuk vaksinasi hari itu ditargetkan sebanyak 300 orang, dengan jenis vaksin Coronavac, dan petugas vaksinator yakni dari vaksinator Polres Sekadau dan Puskesmas Selalong.

Bantu Ringankan Beban Yustina Dini yang Mengidap Kanker, PSHT Sekadau Lakukan Penggalangan Dana

Adapun masyarakat yang mengikuti vaksinasi berusia 12 tahun ke atas dan memenuhi persyaratan penerima vaksin. Meski terbuka untuk umum, dikatakan Kapolres untuk ibu hamil, saat ini masih belum dilaksanakan.

"Khusus untuk ibu hamil saat ini vaksinasi baru dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Kita di Polres sampai saat ini belum ada, tetapi kalau ada ibu hamil yang datang untuk mendaftar vaksin kita akan koordinasikan dulu dengan pihak Kesehatan," ungkap Kapolres.

Diperkirakan hingga saat ini jumlah masyarakat yang sudah divaksin melalui Polres Sekadau sudah melebihi 1000 orang. Mengingat Polres Sekadau dan Polsek jajaran sudah sering menggelar vaksinasi Covid-19.

Bekerjasama dengan Pemerintah Desa dalam pendataan calon penerima vaksin. Kapolres menjelaskan hal itu sebagai salah satu upaya menjangkau masyarakat secara luas. Dimana masyarakat yang ingin mengikuti program vaksinasi Polres Sekadau bisa mendaftar diri ke Pemdes masing-masing. Seperti yang dilakukan oleh Pemdes Sungai Ringin yang pada hari itu mengikuti vaksinasi di Mapolres Sekadau.

"Nanti pada akhirnya akan seluruh desa di Kabupaten Sekadau ini, cuma saat ini kita bertahap. Kita sisir dulu dari desa yang berbatasan dengan Sanggau hingga Sintang, baru selanjutnya disusul desa-desa yang lain," papar Kapolres.

Kapolres Sekadau juga menghimbau masyarakat agar tidak takut divaksin. Hal itu disampaikan karena masih ada masyarakat yang takut menerima vaksin.

"Bagi yang masih takut bisa menanyakan saudaranya yang sudah vaksin, membahayakan tidak. Kita lihat selama ini vaksinasi yang digelar di Mapolres Sekadau masih berjalan lancar. Ini indikasinya vaksin tidak menjadi permasalahan. Ini beda urusannya kalau orang tersebut secara pribadi mempunyai penyakit," tandas Kapolres Sekadau AKBP K Tri Panungko.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu juga diterapkan protokol kesehatan, 5M berupa kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjaga jarak antar penerima vaksin dengan pembatasan jumlah peserta vaksin dalam satu ruangan, serta mengurangi mobilitas. (*)

(Simak berita terbaru dari Sekadau)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved