Breaking News:

Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau Mulai Berikan Layanan Vaksinasi COVID-19 pada Ibu Hamil

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan percepatan vaksinasi bagi ibu hami

Penulis: Marpina Sindika Wulandari | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di Mall Pelayanan Publik Sekadau, Kalbar, Senin 13 September 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil. Dinas Kesehatan sebut ada sekitar 900 orang ibu hamil yang sudah terdata.

Program percepatan vaksinasi Covid-19 semakin gencar dilakukan di Kabupaten Sekadau. Mulai dari masyarakat umum berusia 18-60 tahun, lansia, anak-anak usia 12-17 tahun, dan kini bagi ibu hamil.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan percepatan vaksinasi bagi ibu hamil dilakukan karena ibu hamil juga merupakan bagian yang rentan terpapar virus Covid-19. Bahkan sudah ada beberapa kasus ibu hamil yang meninggal dunia dengan kondisi terpapar Covid-19.

Polres Sekadau Gelar Vaksinasi Covid-19, Kapolres Sebut Sudah Menjadi Agenda Bulanan

Menyikapi hal itulah, Pemerintah Kabupaten Sekadau berkerjasama dengan POGI, IDI, dan IBI melaksanakan pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil berusia di atas 13 minggu.

Dikatakan Henry, untuk di Kabupaten Sekadau saat ini ditargetkan sekitar 900 orang ibu hamil sebagai calon penerima vaksin yang sudah terdata.

Vaksinasi pun nantinya dapat dilakukan di seluruh Puskesmas se-kabupaten Sekadau, setelah pencanangan yang dilaksanakan di Mal Pelayanan Publik Sekadau, pada Senin 13 September 2021.

"Hari ini kita siapkan 100-150 dosis, nanti kalau ada ibu hamil yang datang kita periksa dan dilakukan screening oleh dokter. Nanti selanjutnya di seluruh Puskesmas se-kabupaten Sekadau bisa, bidan-bidan di Pustu juga bisa melaksanakan untuk ibu hamil," ujar Henry.

Selain itu, jenis vaksin yang bisa diberikan bagi ibu hamil juga bervariasi, bisa sinovac, moderna atau astrazeneca.

Sementara itu, satu diantara ibu hamil yang mengikuti program vaksinasi Covid-19, Virdayanti (30) mengaku senang ketika mengetahui ibu hamil juga boleh menerima vaksin. Setelah sebelumnya ibu hamil belum diperbolehkan mengikuti program vaksinasi.

Virda yakin, vaksin Covid-19 dapat membantu memberikan kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19. Sehingga kesehatan dirinya dan buah hati lebih terjamin dibandingkan saat belum menerima vaksin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved