Breaking News:

Bripda Iqbal Akan Olah Air Baku Jadi Air Layak Minum di Afrika Tengah

Dia akan jadi satu diantara Anggota Polri tercatat sebagai FPU di bawah naungan PBB dan memiliki tugas dan wewenang sesuai mandate dari PBB. Antara la

Penulis: Hadi Sudirmansyah | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Brigadir Polisi Dua (Bripda) Muhammad Iqbal Ansyari. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Lagi putra daerah Kalbar asal Kota Pontianak, mengemban tugas negara di kancah Internasional dalam misi melindungi warga sipil di tengah Negara sedang berkonflik.

Putra daerah tersebut yakni Brigadir Polisi Dua (Bripda) Muhammad Iqbal Ansyari tercatat sebagai Anggota Polda Kalbar

Pemuda yang akrab di sapa Iqbal ini terpilih mewakili Polda Kalbar sebagai Satuan Tugas Garuda Bhayangkara Formed Police Unit (FPU)3 United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic (MINUSCA).

Dia akan jadi satu diantara Anggota Polri tercatat sebagai FPU di bawah naungan PBB dan memiliki tugas dan wewenang sesuai mandate dari PBB. Antara lain untuk melindungi warga sipil dan menjaga fasilitas PBB di negara yang berkonflik.

Kepada Tribun Pontianak, Bripda Muhammad Iqbal Ansyari seorang Polisi muda asal kota Pontianak, menceritakan dirinya yang lolos dan lulus dari berbagai test dan seleksi hingga mendapat kesempatan untuk berangkat ke Bangui, Afrika Tengah menjadi bagian dari Pasukan PBB dalam misi kemanusiaan.

Jumat Berkah, Satlantas Polres Singkawang Bagikan Makanan Siap Saji pada Warga

Pemuda Bungsu dari dua saudara ini, satu-satunya Polisi remaja asal Polda Kalbar yang terpilih sebagai pasukan perdamaian satuan Tugas Garbha Bhayangkara Fpu 3 Minusca dengan Formasi Mekanik Water Treatment.

Ia menceritakan Dengan keahlian yang dibekali saat mengenyam disekolah kejuruan Teknik Mesin SMTI dan Bahasa Asing, merupakan modal awal Bripda Iqbal untuk mengikuti seleksi menjadi pasukan perdamaian hingga lolos menjadi pasukan perdamaian ini.

Dan kemudian Iqbal menceritakan bahwa dalam pelaksanaan tugasnya sebagai mekanik Water Treatment ia akan mengelola sumber air menjadi air siap minum dan distribusi kepada masyarakat Afrika yang notabene untuk air disana sangat sulit didapatkan dengan wilayah yang tandus.

“Motivasi saya mengikuti misi ini karna saya ingin membanggakan kedua orang tua saya bahwa saya bisa pergi keluar negeri dengan prestasi dan kemampuan saya bukan karena eksistensi,"kata Iqbal pada Jumat 10 September 2021.

Lanjutnya, dan ia pun mengatakan nantinya dirinya akan bertugas selama dimisi perdamaian ini, adalah memberikan air kepada penduduk di afrika ini dikarenakan sumber air yang sangat sedikit dan tidak ada pemasokan air minum.

"Oleh sebab itu nanti kita yang mengelola air baku menjadi air layak minum bagi personel kontingen dan juga penduduk afrika dengan menggunakan Mesin Water Treatment” Ujar Iqbal

Dan Bripda Iqbal yang saat ini berdinas kurang lebih 3 tahun menjadi polisi dan berdinas di Bidang Humas Polda Kalbar oleh rekan-rekanya dikenal sebagai multitalent karena memiliki kemampuan Public Speaking, mulai dari Mc, Stand Up Comedy hingga kemampuan Multimedia.

Pria 23 tahun ini yang merupakan kelahiran Pontianak ini beharap selama bertugas dalam pelaksanaan misi ini diberikan kesehatan dan kelancaran dalam bertugas untuk menjaga perdamaian diwilayah Bangui, Afrika Tengah dan dapat mengharumkan nama Indonesia dimata Internasional dan memperkenalkan budaya Kota Pontianak di luar negeri.

Dalam waktu dekat ini pada senin 13 September 2021 , Bripda Iqbal bersama rekan-rekannya sesama Pasukan FPU 3 Minusca akan melakukan pemberangkatan ke kota Bangui, Afrika tengah dengan membawa 140 personel Putra-putri terbaik seluruh indonesia. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved