Breaking News:

BPBD Ketapang Mulai Salurkan Bantuan untuk Desa yang Terendam Banjir

Yogi menerangkan, saat ini banjir tidak hanya melanda di wilayah Kecamatan Muara Pawan saja, namun juga terdapat satu desa di Kecamatan Matan Hilir

Penulis: Nur Imam Satria | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Caption : BPBD Ketapang Saat Memuat Logistik untuk Dibagikan ke warga yang Terdampak Banjir. Foto istimewa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang mulai menyalurkan logistik bantuan untuk para korban banjir yang melanda wilayah pesisir di Kecamatan Muara Pawan, Jumat 10 September 2021.

Saat dikonfirmasi, Operator Pusdalops BPBD Ketapang Yogi mengatakan, setelah mendata warga, pihaknya pada hari ini mulai menyalurkan bantuan langsung ke para korban yang terdampak banjir di tiga desa di Kecamatan Muara Pawan.

"Kemarin kita sudah mendata, dan hari ini langsung kita salurkan bantuan untuk warga berupa beras dan mie instan," kata Yogi, Jumat 10 September 2021.

Yogi mengungkapkan, untuk di Kecamatan Muara Pawan pihaknya mendata ada tiga desa yang terdampak banjir, diantaranya desa Ulak Medang, Tanjung Pasar dan desa Mayak.

Dusun Sihit di Nanga Tayap Kabupaten Ketapang Sudah Sepekan Terendam Banjir

"Total rumah yang rumah yang terendam di tiga desa tersebut berjumlah 84 rumah. Sedangkan yang terdampak berjumlah 901 rumah," ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan, banjir yang terjadi di wilayah pesisir Kecamatan Muara Pawan ini sudah terjadi sejak 4 September 2021 dan hingga hari ini air masih tampak terus naik. 

Banjir pun menurutnya diakibatkan curah hujan yang tinggi sehingga membuat air sungai meluap dan membanjiri rumah-rumah warga.

"Untuk ketinggian air di jalan desa Ulak Medang itu mencapai 80 centimeter, desa Mayak 84 centimeter, dan di Tanjung Pasar 130 centimeter. Sedangkan di dalam rumah di desa Ulak Medang ketinggian air 30 centimeter, desa Mayak 13 centimeter dan desa Tanjung Pasar 25 centimeter," paparnya.

Lebih lanjut, Yogi menerangkan, saat ini banjir tidak hanya melanda di wilayah Kecamatan Muara Pawan saja, namun juga terdapat satu desa di Kecamatan Matan Hilir Selatan juga dilanda banjir.

"Selain kecamatan Muara Pawan ada juga di desa Sungai Pelang kecamatan MHS. Di sana rumah yang terendam berjumlah 91 dan yang terdampak 492," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Ketapang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved