Breaking News:

Dewan Pontianak Sampaikan Wilayah Rentan Genangan Banjir Harus Menjadi Prioritas Perhatian

"Kemudian juga perlu didukung oleh masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan agar aliran air di parit tidak sumbat," ujarnya.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Beberapa upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir di Kota Pontianak telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Pontianak.

Pada dua tahun terkahir ini, memang Kota Pontianak rentan terhadap genangan banjir di beberapa wilayah seperti di Parit Tokaya dan beberapa titi lainnya.

Faktor yang menyebabkan semakin tingginya genangan air ini, diantaranya selain curah hujan lebat berdurasi lama dan air pasang, namun juga dikarenakan semakin padatnya permukiman. Selain itu tersumbatnya aliran air yang ada di parit.

Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin menyampaikan, bahwa upaya antisipasi memang perlu dilakukan seperti yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Pontianak.

Ratusan Peserta Ikuti Tes SKD CPNS Kemenhub RI di Pontianak

"Kemudian juga perlu didukung oleh masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan agar aliran air di parit tidak sumbat," ujarnya.

"Pemerintah Kota sudah mulai melakukan normalisasi. Maka kita harapkan juga pada normalisasi ini memang benar-benar tempat yang paling rentan genangan," lanjutnya.

Dari aspirasi yang ia terima dari masyarakat, Satarudin menerangkan, bahwa kekhawatiran masyarakat yang bertempat tinggal di dataran rendah, tentu harus menjadi perhatian utama atau prioritas dalam hal penanggulangan bencana.

"Artinya harus diupayakan untuk prioritas. Agar masyarakat tidak terlalu khawatir," ungkapnya.

Ia menyarankan, kejadian banjir yang sudah terjadi di beberapa Kabupaten/Kota di Kalbar, harus menjadi bahan evaluasi agar di Kota Pontianak tidak sampai terjadi peristiwa serupa. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved