Breaking News:

Antisipasi Genangan Banjir, Pemkot Pontianak Lakukan Normalisasi Parit

"Kita juga terus mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD, Red) terkait untuk melakukan normalisasi parit. Hal tersebut dilakukan agar parit-pari

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB
Kendaraan warga mogok saat melintas di jalan Purnama Kota Pontianak Kalimantan Barat, Rabu 14 Juli 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan menyampaikan, bahwa saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah menggencarkan normalisasi parit disemua titik yang akan menimbulkan genangan banjir, Rabu 8 September 2021.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya genangan banjir yang kerap terjadi di beberapa titik di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

"Kita juga terus mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD, Red) terkait untuk melakukan normalisasi parit. Hal tersebut dilakukan agar parit-parit di Kota Pontianak terkoneksi dengan baik. Mulai dari drainase tersier, sekunder dan primer bisa terkoneksi sehingga jika terjadi hujan ekstrem yang bersamaan dengan pasang air laut tinggi, aliran air dari parit-parit menuju Sungai Kapuas bisa secepat mungkin," ujar Bahasan.

Pemkot Pontianak Gencar Lakukan Normalisasi Parit dan Saluran di Sejumlah Titik Rawan Banjir

Ia menerangkan untuk normalisasi parit tersebut seperti di Jalan Gajah Mada, Jalan Purnama dan Pontianak Utara.

"Sehingga dengan pengerukan dan program padat karya di tingkat Kelurahan yakni gotong royong saluran air bisa terkoneksi," lanjutnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Kota Pontianak agar juga waspada terhadap cuaca ekstrem.

"Kita minta masyarakat tetap waspada, jika terjadi hujan ekstrem yang disertai angin yang berpotensi terjadi pohon tumbang. Kemudian untuk masyarakat di pinggir sungai, kita minta juga untuk berhati-hati sehingga bisa mengantisipasi diri jika terjadi genangan air yang bersamaan dengan hujan ekstrem," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved