Breaking News:

Penanganan Covid

BARU! Syarat Naik Pesawat, Aturan Naik Kereta Api KRL, Naik Kapal PELNI dan Transportasi Darat

Penumpang wajib mengisi aplikasi e-HAC dan memperhatikan persyaratan pelabuhan tujuan yang dapat diakses melalui http://bit.ly/DaftarPelabuhan.

Editor: Marlen Sitinjak
Tribun Lampung/Deni Saputra
KM Lawit, satu di antara kapal penumpang milik PT Pelni. Aturan naik kapal laut di wilayah PPKM Level 1 - 4 yang diberlakukan Pemerintah dan telah dirincikan lagi oleh PT Pelni. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali kembali diperpanjang mulai 31 Agustus hingga 6 September 2021.

Pada 6 September kembali diperbarui sesuai perkembangan sepekan terakhir.

Meski demikian, kini pemerintah memberikan kelonggaran dalam aktivitas masyarakat, satu di antaranya terkait aturan perjalanan.

Bagi Anda yang sudah disuntik vaksin dosis kedua, maka Anda tidak perlu lagi menyertakan hasil tes swab PCR ketika akan melakukan perjalanan udara atau dengan pesawat terbang.

Anda cukup menunjukkan hasil negatif antigen pada H-1 jelang perjalanan.

KINI Naik Pesawat Bisa tanpa PCR, Namun Ada Syarat yang Harus Dipenuhi

Hal tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri 38/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Aturan ini melampirkan syarat yang harus dipenuhi bagi para pelaku perjalanan domestik, baik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi jarak jauh, seperti pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api.

Aturan Naik Pesawat

  • Menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama).
  • Menunjukkan PCR H-2 untuk pesawat udara serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api dan kapal laut.
  • Ketentuan di atas hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa dan Bali atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar dari Jawa dan Bali, serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi sebagai contoh untuk wilayah Jabodetabek.
  • Untuk perjalanan dengan pesawat udara antar kota atau kabupaten di dalam Jawa Bali dapat menunjukkan hasil negatif Antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, dan hasil negatif PCR H-2 jika baru memperoleh vaksin dosis 1.
  • Untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin.

Aturan Naik Pesawat Terbaru & Aturan Naik Kereta Api Terbaru Selama PPKM 31 Agustus-6 September 2021

Aturan Naik Kereta Api

Sejumlah aturan pun dibuat dan disesuaikan agar mampu menekan kasus penyebaran Covid-19 sekaligus membuat perekonomian nasional tetap stabil.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved