Proses Pendaftaran Ditutup, PPKD Catat Lima Cakades Sungai Enau Tahun 2021 

Ajang demokrasi ini tentunya merupakan momentum yang sangat penting untuk menentukan Kepala Desa terbaik yang mampu memimpin masyarakat.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
foto bersama Panitia Pemilihan Kepala Desa dan PanwasDes Sungai Enau tahun 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat tidak lama lagi akan berlangsung.

Pilkades tahun 2021 ini akan dilaksanakan pada 17 November 2021 di 14 TPS se-Desa Sungai Enau.

Ajang demokrasi ini tentunya merupakan momentum yang sangat penting untuk menentukan Kepala Desa terbaik yang mampu memimpin masyarakat.

Pandemi Covid-19 pun tak menyuruti semangat masyarakat untuk mensukseskan pesta demokrasi tahun ini. Bahkan demokrasi kali ini pun tentunya juga akan lebih meriah dan lebih semangat diikuti oleh masyarakat.

Polres Kubu Raya masih Buru Satu Tersangka Pembunuhan di Mega Timur Sungai Ambawang Kubu Raya

Sebagaimana hal tersebut terlihat dari antusias masyarakat. Sejak dibukanya pendaftaran Cakades pada 16 Agustus sampai 31 Agustus 2021 lebih dari 3 orang masyarakat Desa Sungai Enau yang telah mencalonkan diri untuk maju menjadi orang nomor satu di Desa Sungai Enau.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Desa Sungai Enau, Filipus Aneng menyampaikan, bahwa hingga saat ini sudah ada lima calon kepala Desa yang telah resmi mendaftar dan mengembalikan formulir dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh Pemdes Kabupaten Kubu Raya dan PPKD Desa Sungai Enau.

Lima calon yang telah resmi terdaftar sebagai Calon Kepala Desa Sungai Enau tahun 2021 itu, diantaranya adalah Rajali yang merupakan petahana. Kemudian Tino, Hamdan, Agustinus dan Rusli.

Ia mengungkapkan, bahwa pendaftaran Cakades tahun 2021 terahir pada Selasa 31 Agustus 2021 pukul 00.00 / pukul 24.00 WIB. Sejauh ini, ketua PPKD sampaikan bahwa, tidak ada kendala dalam prosesi pendaftaran Cakades tahun 2021.

"Kami PPKD bersyukur kepada Allah Tuhan yang Maha Esa sampai saat ini tidak ada kendala, dalam pelaksanaan hal tersebut sewaktu pengambilan formulir mau pun penyerahan permulir kembali berjalan dengan lancar, aman, tertib dan kondusif. peserta yang mendaftar dalam hal ini selalu mengikuti prokes /protokol kesehatan mengingat saat ini masih di masa pandemi Covid-19," ujarnya, Rabu 1 September 2021.

Lebih lanjut, Filipus Aneng mnejalaskan rencana teknis untuk pelaksanaan Pilkades mendatang.

"Teknis pelaksanaan Pilkades kali ini sangatlah berbeda dengan tahun 2015 lalu, karena pada saat ini kita berada di masa pandemi Covid-19. Maka tentu kami selaku PPKD selalu menghimbau kepada masyarakat wajib menggunakan prokes yang telah di anjurkan oleh pemerintah, PPKD sudah menyiapkan hansanitizer, sabun untuk mencuci tangan,tempat air yang mengalir Tisu ,Masker PPKD selalu memberikan arahan kepada setiap pendaftar agar selalu mematuhi prokes," ungkapnya.

Peserta Membludak, Personel Kubu Raya Lakukan Pengamanan Vaksinasi di GAIA Bumi Raya City Mall 

Sementara itu, Ketua Panitia PanwasDes Herman, S.Pd juga menyampaikan, bahwa pihaknya selalu melakukan pengawasan di setiap tahapan tahapan proses mulai dari pengambilan pormulir pendaftaran hingga pengembalian pormulir calon kades.

"Untuk pengawasan, kami dari PanwasDes Desa Sungai Enau antara lain mengawasi,mendamping yang sipat nya pembinaan setiap kegiatan pelaksanaan kegiatan dan puji Tuhan selama pelaksanaan setiap kegiatan berjalan dengan lancar, aman,tertib dan damai," ucapnya.

Kemudian, Anggota PanwasDes Rois, juga menambahkan, bahwa pihaknya setiap kegiatan pihaknya terus melakukan pengawasan demi berjalan dengan lancar Pilkades Tahun 2021 ini.

"Kami dari PanwasDes setiap kegiatan PPKD hingga saat ini, selalu kami dampingi sesuai prosedur kerja yang telah ditentukan oleh peraturan," pungkasnya. (*)

(Update Informasi Seputar Kabupaten Kubu Raya)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved