Breaking News:

Kadiskes Harisson Sarankan Pemerintah Pusat Permudah Mekanisme Pencairan Insentif Nakes

“Ini yang membuat penyerapan insentif kadang menjadi terlambat. Saran saya ke Pemerintah pusat agar mekanisme pertanggung jawaban atau pencairan insen

Penulis: Anggita Putri | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Kadiskes Kalbar, Harisson. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson menyarankan agar Pemerintah Pusat mempermudah mekanisme pertanggung jawaban pencairan insentif nakes.

Harisson mengatakan pada masa pandemi ini terkadang beban kerja tenaga kesehatan di unit- unit layanan berlebihan.

Sehingga mereka tidak sempat membuat dokumen pertanggung jawaban atau dokumen pengklaiman untuk pengusulan insentif.

“Ini yang membuat penyerapan insentif kadang menjadi terlambat. Saran saya ke Pemerintah pusat agar mekanisme pertanggung jawaban atau pencairan insentif nakes ini dipermudah,”ujarnya.

Sehingga pembuatan dokumen pertanggung jawaban insentif atau dokumen pengklaiman insentif tidak menambah beban kerja nakes.

Direktur RSUD Kota Pontianak Akui Insentif Nakes Masih Diproses

Terkait verifikasi akhir soal insentif nakes. Harisson mengatakan bahwa untuk verifikator di sarana pelayanan kesehatan atau institusi kesehatan. Dimana SK di tanda tangani oleh pimpinannya.

“Misalnya di RS SK nya ditandatangani oleh direktur. Kalau Tim Verifikator di Dinkes kabupaten kota SK di tandatangani oleh kepala dinasnya masing-masing,”ujarnyaz

Tim Verifikator ini nantinya akan melihat apakah insentif sudah sesuai dengan peraturan perhitungan pemberian insentif atau belum.

Ia mengatakan untuk Insentif nakes ada yang di RS, puskesmas atau di laboratorium dan di Dinas Kesehatan masing-masing.

Dikatakannya semuanya tergantung penganggaran, kalau untuk di kabupaten kota untuk insentif untuk RS atau Puskesmas dianggarkan di Dinas Kesehatan. Maka nanti yang mengajukan pengajuan dan verifikasi adalah Dinas kesehatan kabupaten kota.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved